UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Salah seorang alumni SMAN 6 Wajo angkatan 2021 dan kini menjadi mahasiswa prodi S1 Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar telah mengukir prestasi dengan menjadi Duta Kampus Unismuh Makassar 2023.

Pengumuman dan penyerahan piala dan sertifikat selaku Winner Putri Duta Kampus Unismuh Makassar 2023 dilaksanakan di kampus Unismuh Makassar akhir Mei 2023.

Andi Ummul berhasil mengungguli para peserta duta kampus lainnya dari 51 program studi yang ada di Unismuh Makassar. Prestasinya ini selain mengharumkan nama sekolahnya sekaligus mempopulerkan nama prodi Ilmu Komunikasi yang mulai hadir sejak 2015 dan merupakan prodi baru di Unismuh.

Kepada media pekan kedua Juni 2023 Andi Ummul mengatakan, amanah dan kepercayaan yang diberikan kampus ini akan dijalani dan bertekad untuk memberikan yang terbaik pada kampus dengan dukungan yang diberikan kampus setiap saat.

Dia berharap akan memberi kontribusi terhadap kampus lebih dari sebelumnya dengan mengikuti ajang-ajang di luar dengan menjadi delegasi dari Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai ikon dan role model dari mahasiswa.

Tupoksi dari duta kampus tidak bisa berjalan tanpa campur tangan seluruh elemen dari Unismuh Makassar. Harapan pada lembaga Komunitas Duta Kampus Unismuh Makassar semoga tetap jaya dan selalu mewujudkan mahasiswa mahasiswi yang berkualitas.

Ummul dalam menjalani rutinitas kampus tetap membagi waktu di organisasi dan kuliah dengan menggunakan metode skala prioritas di luar dari mengutamakan tugas kuliahnya dan memetakan kegiatan yang penting dan mendesak untuk dia lakukan terlebih dahulu.

Selama kuliah dia juga lebih menyibukkan diri pada organisasi yang di ikuti dan di setiap program kerja organisasi dia menjadi pemeran atau talent seperti pentas seni.

Dia pernah menjuarai lomba nyanyi se IMM Kota Makassar dalam kegiatan Kemah Kader yang diselenggarakan oleh PC IMM Kota Makassar.

Ummul mengikuti beberapa organisasi yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (HUMANIKOM) sebagai Sekretaris Bidang Organisasi 2023/2024. IMM PIKOM FISIP sebagai Departemen SBO 2023/2024, IMM PIKOM PUANGRIMANGGALATUNG WAJO sebagai Sekretaris Bidang Organisasi 2023/2024, IMM PC WAJO sebagai Sekretaris Bidang SBO 2023/2024.

Setelah lulus dari Unismuh dia belum ada planning jauh tetapi opsi tertentu Ummul bakal terjun ke dunia kerja yang sesuai dengan fashionnya atau melanjutkan S2 jika Allah SWT berkehendak, dia juga bercita-cita menjadi dosen dan semoga cita-cita tersebut bisa dicapai, katanya.

Ummul lahir di Sengkang, 12 April 2004 lulusan dari SMAN 6 Wajo 2021. Dia anak pertama dari dua bersaudara, buah hati dari pasangan Andi Baso Darmodiharjo dan Nurdayanti S.Pd. Ayahnya seorang wiraswasta di Sengkang, Kabupaten Wajo sedangkan ibunya sebagai ibu rumah tangga.

Ketika berumur 5 tahun memulai pendidikan di SD Negeri 211 Bulete Wajo di tahun 2009 kemudian setelah lulus lanjut di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 pada 2018 dan lanjut SMAN 6 Wajo dan lulus 2021.

Ummul memiliki bakat di bidang seni dan keagamaan. Semasa sekolah dia sering mengikuti lomba nyanyi solo, menari, tadarrus Qur’an, hifdzil, dan juga ceramah.

Selain itu, dia pernah menjadi pengurus di Organisasi Siswa Intra Sekolah saat duduk di bangku SMP namun di SMA dia tidak melanjutkan keorganisasiannya dengan alasan ingin lebih fokus di bidang akademiknya.

Ummul juga sangat senang membaca terutama membaca buku-buku fiksi seperti novel. Selain memperluas pengetahuan, menambah kosa kata, dan banyak mengetahui pengalaman. Menurutnya membaca novel juga membuat otak lebih fresh dan tidak tegang. Dengan hobi membacanya itulah saat duduk di bangku SD dan SMP dia pernah menjuarai lomba mendongeng (menceritakan kembali dongeng yang telah di baca).

Laporan : Fitria Ramadhani

Mahasiswa : Ilmu Administrasi Negara FISIP Unismuh Makassar

Leave a Reply