UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan dan Pelaporan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Kemendikbud Dikti, Kamis, 8 Juni 2023 di Gedung Balai Sidang Muktamar Unismuh

Sebelum acara dibuka oleh Prof Ambo Asse, dimulai dengan pengajian yang dipimpin  Wakil Rektor IV, Dr. KH Mawardi Pewangi.

 Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pemateri, termasuk tim Penjaminan Mutu LLDIKTI Wil.IX dan Validator SPMI DIKTI   yakni,  Dr Ir  Abdul Mail Mury ST MT IPM ASEAN ENG,  Ketua BPH.

Rektor Unismuh, Prof Ambo Asse menyampaikan pentingnya menghasilkan luaran yang bermutu tinggi dan kompetitif.

Menurutnya, untuk mencapai hal tersebut, Sistem Penjaminan Mutu Internal harus kuat.

 Sebagai pembina PTMA di Kawasan Timur Indonesia, Unismuh Makassar memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan yang bermutu.

Bimtek SPMI ini terdiri dari dua sesi dengan materi yang beragam, seperti Penjelasan Umum Empat Dokumen SPMI-PT sesuai Standar DIKTI, Petunjuk Teknis dan Metode Penyusunan Dokumen SPMT-PT, serta Perancangan dan Pengembangan Dokumen SPMIPT berdasarkan SN DIKTI. Seluruh materi tersebut disampaikan oleh pemateri yang ahli di bidangnya.

Ketua BPM Unismuh, Dr. Burhanuddin, menyampaikan bahwa Bimtek ini sangat penting dalam menyelaraskan format pelaporan antara Kemendikbud dan Unismuh Makassar.

Sebanyak 69 orang peserta mengikuti Bimtek ini, termasuk 11 orang dari PTMA di luar Unismuh. Dr. Burhanuddin juga menyoroti masalah validasi dokumen SPMI yang sering dialami oleh perguruan tinggi di wilayah LLDIKTI Wil.IX Sultanbatara.

Unismuh Makassar dengan penuh semangat menggelar Bimtek SPMI ini sebagai langkah untuk memastikan bahwa proses penyusunan dan pelaporan dokumen SPMI-PT berjalan dengan baik dan tervalidasi dengan sempurna.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Unismuh Makassar dapat menghasilkan luaran yang berkualitas dan bermutu tinggi sesuai dengan standar DIKTI, serta meningkatkan daya saing universitas di tingkat nasional.

Dengan semangat peningkatan mutu dan komitmen yang kuat, Unismuh Makassar terus berupaya mengembangkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman.

Leave a Reply