UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Puluhan mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Ma’had Al Birr Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar belajar strategi manajemen media ke Bagian Humas Unismuh.

Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Lantai 16, Gedung Iqra Unismuh Makassar, Selasa, 30 Mei 2023.

Dalam kunjungan ini, mahasiswa KPI FAI Unismuh diterima Kabag Humas Unismuh Makassar Hadisaputra. Ia didampingi tiga staf Humas, yaitu Nasrullah, Sulaiman, dan Bukhairul Iman.

Dalam pengantarnya, dosen pendamping Wiwik Laela Mukromin M.Pd.I menyebut, kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman langsung kepada mahasiswa mengenai manajemen media melalui kunjungan ke Humas Unismuh Makassar.

“Tujuan dari kunjungan ini adalah memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa mengenai bagaimana manajemen media dijalankan di sebuah institusi pendidikan,” ungkap Wiwik.

Selama kunjungan, Kabag Humas Unismuh Makassar Hadisaputra, memberikan penjelasan yang komprehensif tentang tugas dan tanggung jawab Humas dalam menjalankan fungsi-fungsi media. Ia juga membagikan pengalaman dan kisah sukses dalam membangun citra positif Unismuh Makassar melalui berbagai kegiatan publikasi dan promosi.

Mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan tiga orang staf Humas yang turut hadir dalam pertemuan. Mereka berbagi pengalaman tentang proses kerja di Humas Unismuh Makassar, termasuk strategi dalam mengelola media internal dan eksternal serta cara menjaga hubungan yang baik dengan media massa.

Nasrullah berbagi pengalaman jurnalistik, dimana ia pernah bekerja sebagai wartawan sekitar 20 tahun. “Namun tentu ada perbedaan tugas wartawan dan Humas. Di sini kami bekerja mendukung pencapaian visi kampus,” jelasnya.

Sulaiman berbagi pengalaman dalam pengambilan gambar video, sedangkan Bukhairul menjelaskan proses mengunggah berita ke Web Unismuh.

Hadisaputra menyambut kunjungan ini dengan antusias dan mengapresiasi inisiatif Prodi KPI FAI Unismuh dalam memberikan pengalaman belajar yang nyata bagi mahasiswa. Ia berharap kunjungan ini dapat memberikan wawasan yang berharga dalam pengembangan kemampuan mahasiswa di bidang manajemen media.

Dalam penutup kunjungan, Wiwik juga menyampaikan terima kasih kepada Kabag Humas Unismuh Makassar dan seluruh karyawan yang telah dengan hangat menyambut rombongan mahasiswa.

Ia berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam pembelajaran mahasiswa dan menginspirasi mereka untuk menjadi profesional yang kompeten di bidang komunikasi dan penyiaran Islam.

Kunjungan ini, lanjutnya, juga menjadi sarana untuk menjembatani kesenjangan antara teori yang dipelajari di dalam kelas dengan pengalaman praktis di lapangan.

“Mahasiswa dapat melihat dan belajar bagaimana manajemen media diimplementasikan dalam konteks institusi pendidikan seperti Unismuh Makassar,” tutup Wiwik.

Leave a Reply