UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi angkatan 2020 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar peluncuran Majalah Digital.

Kegiatan ini dihelat di Gedung Iqra lantai 18, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Rabu, 31 Mei 2023.

Dalam kegiatan ini, ada sebanyak enam majalah digital kreativitas mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020 yang diterbitkan oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Sukri MSi.

Mahasiswa dibagi menjadi enam kelompok, adapun enam nama majalah yang diterbitkan yakni, Simetris, Cretis, Ikom20ne, Ikomers, Milenial Info, dan Mediakom.

Dosen Ilmu Komunikasi Dr Muhammad Yahya MSi, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan praktik pembelajaran dari mata kuliah yang diampunya yakni Kewirausahaan Jurnalistik.

“Praktik produksi media cetak digital adalah salah satu tugas praktik mata kuliah Kewirausahaan Jurnalistik diprogramkan bagi mahasiswa ilmu komunikasi semester enam fisip Unismuh Makassar,” ucapnya.

Praktik membuat majalah cetak dan platform majalah digital memperkenalkan dan bagaimana cara produksi media cetak mulai dari proses merencanakan isi berita, mencari dan mengedit berita sampai kemudian masuk dalam proses layout dan akhirnya diproses cetak.

Muhammad Yahya juga memberikan pujian kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi, “Hasil kerja praktek mahasiswa sungguh luar biasa karena sudah memiliki kemampuan dasar dalam memproduksi media cetak dan majalah digital,” ujarnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa karena hal tersebut merupakan bagian dari inovasi sekaligus kemampuan mahasiswa menetapkan teori yang didapatkan dalam perkuliahan dan kemudian praktek seolah menjalani dunia industri media massa.

Yahya juga berharap keterampilan dasar yang dimiliki terus dikembangkan dan diasah agar menjadi modal utama setelah selesai studi dan masuk bertarung dalam pasar kerja yang keras dan kadang kejam.

“Lewat praktek kerja mata kuliah ini kemudian pihak Prodi Ilmu Komunikasi akan secara rutin sekali sebulan akan menerbitkan dan meluncurkan media internal prodi yang diberi nama IKOM POST,” paparnya.

Media kampus ini akan dikelola para dosen sebagai tempat berlatih dan praktek menulis. Silih berganti pengelola dari kalangan mahasiswa akan datang dan pergi.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Sukri MSi, juga mengucapkan selamat dan sangat mengapresiasi atas rencana peluncuran media internal Prodi Ilmu Komunikasi.

“Saya sangat mengapresiasi atas peluncuran media tersebut karena ini merupakan wujud dari kreatifitas mahasiswa yang telah menunjukkan kemampuannya dalam memproduksi sebuah media,” ucapnya.

Sukri juga menyampaikan harapannya terhadap media yang diluncurkan mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020.

“Harapan saya semoga kemunculan media ini dapat memberikan perspektif baru dalam media yang diciptakan oleh mahasiswa, dan semoga nanti media yang diluncurkan dapat rutin maupun kontinyu terbit,” harapnya.

Lewat kegiatan ini, dosen Ilmu komunikasi sangat berharap agar mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas dan menjadi pelajaran tentang bagaimana mengolah sebuah media kedepannya.

Hadir dalam kegiatan ini para dosen Ilmu Komunikasi Unismuh, Wardah SSos MA, Indah Pratiwi Manggaga SSos MA, serta Arni SKom MI Kom.

Leave a Reply