UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar kerjasama Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat kolaborasi Internasional.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulsel, Jl. KH. Abd Jabbar Asyiri, Sudiang Makassar, Sabtu (27/5/2023).

Dalam program pengabdian masyarakat ini mengambil tema “pelatihan peningkatan kompetensi mengajar guru bahasa arab Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan berbasis Technology Enhanced Language Learning”.

Hadir sebagai pemateri langsung dari Universitas Sains Islam Malaysia Juga pakar Technology Enhanced Language Learning dan pakar Teaching Arabic As a Second Language Assoc. Prof. Dr. Nurkhamimi Zainuddin.

Ketua Prodi PBA FAI Unismuh Makassar Nur Fadilah Amin menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka melaksanakan kuliah tamu sekaligus Pengabdian kepada Masyarakat di Ummul Mukminin.

“Ini dalam rangka, pelaksanaan kegiatan implementasi akademik internasional (caturdharma Perguruan Tinggi) Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa dipilihnya Pondok Pesantren Ummul Mukminin sebagai lokasi pengabdian masyarakat, pasalnya sangat berkaitan dengan implemntasi yang telah dilaksanakan salah satunya yakni penggunaan teknologi di ummul yakni penggunaan aplikasi E-Learning.

“Sehingga perlu dikuatkan lewat pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi mengajar guru Bahasa Arab berbasis Technology Enhanced Language Learning (TELL),” tambahnya.

“Lebih kepada pendampingan peningkatan kompetensi mengajar bahasa arab guru berbasis teknologi dalam proses pembelajaran di kelas,” tuturnya.

Ia pula menyampaikan terimakasih kepada Unismuh yang telah mendanai kegiatan ini melalui LP3M Unismuh hibah pengabdian kolaborasi Internasional dan LPBKUI yang memberikan support penuh dalam menjalin kerjasama dengan pihak USIM, begitupun dengan mudirah ma’had beserta dengan jajarannya, para kepala sekolah/kepala madrasah di 4 satuan pendidikan di Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin.

Terpisah disampaikan, Wakil Direktur 1 Ummul Mukminin Dr. Abd Kadir Arief menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pihak pimpinan kampus dalam hal ini prodi pendidikan bahasa arab FAI Unismuh Makassar.

“Kehadiran Assoc. Prof. Dr. Nurkhamimi Zainuddin dapat memperkokoh dan mempercepat program yang sudah berjalan selama ini. baik dalam PBM maupun dalam komunikasi sehari-hari di pondok,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia mengatakan program pengabdian ini pula lebih spesifik mengembangkan dan mengawal belajar dan praktek bahasa arab sehar-hari.

“Sehingga santriwati bisa mengembangkan karirnya dengan memilih jurusan bahasa arab dan berkomunikasi bahasa arab sehari-hari. buktinya Kaprodi bahasa arab ananda Nurfadillah Amin ini adalah alumni ummul mukminin,” tambahnya disambut tepuk tangan hadirin.

Dengan demikian, semoga dengan hadirnya program ini terus membangun sinergitas dan memperkuat amal usaha Muhammadiyah-Aisyiyah mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan ini seluruh Guru Bahasa Arab Ummul Mukminin sebanyak 21 orang.

Leave a Reply