UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR– Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) telah menggelar kegiatan Goes To Campus di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar pada Jumat, 26 Mei 2023.

Kegiatan Goes To Campus tersebut diadakan di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah ke-47 Unismuh Makassar dengan tema “Gen Z Melek Kekayaan Negara”.

Selain itu, DJKN Kemenkeu Provinsi Sulseltrabar juga melakukan penandatanganan kesepahaman antara Unismuh Makassar dan DJKN Kemenkeu.

Rektor Unismuh Makassar, Prof. Ambo Asse, menyampaikan bahwa Unismuh Makassar telah sibuk mengurus kekayaan negara yang diserahkan ke universitas tersebut. Ada kekayaan negara yang merupakan sitaan dari orang asing yang telah lama dikuasai oleh Unismuh. Pada bulan Januari yang lalu, kekayaan tersebut telah diserahkan.

“Kurang lebih selama dua puluh tahun aset ini telah lama ditempati dan sekarang bisa diserahkan dari kekayaan negara ke Muhammadiyah setelah proses sertifikasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof. Ambo Asse menjelaskan bahwa kerjasama ini akan memberikan ruang khusus bagi penelitian terkait perpajakan dan hal lainnya kepada mahasiswa. Ia menyebut Unismuh sebagai kampus pertama yang dikunjungi, dan merasa bersyukur karena ini merupakan tanda-tanda yang baik.

Dalam sambutannya, Supendi selaku Kepala Perwakilan Kemenkeu Provinsi Sulawesi Selatan mengungkapkan bahwa Kementerian Keuangan memiliki sebelas unit eselon satu, di mana lima di antaranya berada di Makassar. Kolaborasi dilakukan dengan lima unit eselon satu ini untuk mengelola kekayaan negara di Bumi Angin Mamiri.

“Unismuh Makassar memiliki sekitar 19 ribu mahasiswa dan mahasiswi serta lebih dari seribu dosen dan tenaga pendidik. Sebanyak dua puluh ribu sumber daya manusia ini akan memajukan bangsa dan negara Indonesia sebagai bagian dari generasi emas pada tahun 2045. Kami hadir untuk mendukung mahasiswa dan hanya akan memberikan dukungan,” ungkapnya.

Supendi menambahkan bahwa penandatanganan nota kesepahaman telah dilakukan, dan akan menjelaskan hal-hal terkait Kementerian Keuangan di pojok Kemenkeu yang berada di Kampus Unismuh Makassar. Terdapat banyak cara untuk menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi, dan salah satunya adalah melalui aktifitas di Pojok Kemenkeu di Unismuh.

“Pojok Kemenkeu bukan hanya sekadar ruangan yang mewakili Kementerian Keuangan, melainkan juga simbol komitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat dan berperan dalam pembangunan Indonesia, terutama melalui pengembangan SDM,” jelasnya

Leave a Reply