UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Kuliah Umum, Training Advokasi dan Pelatihan Jurnalistik, Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia Wilayah V, Kamis, 25 Mei 2023.

Kegiatan tersebut digelar di Lantai II Gedung Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah ke 47 Unismuh Makassar dengan Mengusung tema Peran Pemuda dalam membangun Ekonomi Pertanian.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Unismuh Makassar yakni Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi MPdI, Wakil Dekan I Dr Jumiati SP, MM, IPM, MCE, Wakil Dekan III Muhammad Iqbal SP, MSi, IPM, dan Ir. Ranreng MP, selaku Perencana Madya Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor IV Unismuh Makassar Dr Mawardi Pewangi MPdI.

Dalam sambutannya, Muh Aril Andi Baso selaku Selaku Koordinator Wilayah Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia Wilayah V dalam sambutannya mengatakan bahwa Tuhan telah menitipkan sepotong surga yang kita sebut indonesia dan juga kita juluki negara agraris akan tetapi di tengah tengah julukan negara agraris indonesia masih banyak menyimpan dinamika.

“Problematika dan luka pada sektor pertanian hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti dari segi kebijakan,pembangunan sumber daya manusia yang belum merata serta pengelolaan lingkungan yang mengakibatkan beberapa ancaman krisis iklim yang dapat membahayakan sektor pertanian,” ungkapnya.

Aril Andi Baso menambahkan bahwa kegiatan ini digelar dengan harapan atas dilaksanakannya travowil mampu mempersatukan kita dari berbagai warna almamater dan berbagai daerah untuk mempertajam pisau analisis.

“Selaku mahasiswa pertanian dalam melihat realitas yang terjadi pada sektor pertanian sehingga kita dapat mengambil dan memainkan peran sebagai mana mestinya dan hal ini juga telah tercantum dalam salah satu fungsi mahasiswa sebagai agent of change yang mampu membawa sektor pertanian ke arah yang berkemajuan sehingga sektor pertanian bisa menjadi leading sektor pembangunan nasional,” tambahnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Wakil Dekan III Muhammad Ikbal SP, MSi, IPM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Mahasiswa pertanian harus mengambil peran besar di sektor pertanian.

“Sebagai generasi intelektual tentau ada tugas yang mesti dipertanggungjawabkan, peran strategis mahasiswa sangat, dinantikan oleh petani kita artinya mahasiswa pertanian hadir sebagi solusi dalam masalah-masalah yang mereka hadapi,” ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa, kehadiran utusan lembaga kampus di Unismuh Makassar dalam rangka kegiatan training dan Advokasi ISMPI Wilayah V harap dimaskimalkan waktunya secara baik agar agar kegiatan ini benar -benar bermanfaat.

“Selain dari itu, kedepannya dibutuhkan mahasiswa pertanian yang mampu terlibat lansung di masyarakat. Artinya petani kita haris di dampingi,harus di cerdaskan dan diperdayakan sehingga petani benar benar merasakan dampak lansung dari aktivitas kegiatan mahasiswa,” tambahnya.

Iqbal Menuturkan bahwa pada aspek yang lain mahasiswa diharapkan menjadi SDM pertanian yang unggul dan stategis.

***

“Kita butuh pengusaha pertanian yang berpihak ke petani, Kita butuh keberpihakan ke petani kita butuh pengawalan yang serius, olehnya itu, semoga kegiatan ISMPI Wilayah V ini dapat bermanfaat untuk kita semua,” pungkasnya.

Leave a Reply