UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Makassar Academic and Cultural Heritage Activity (MACCA) 2023 Batch 2 Universitas Muhammadiyah hari ini resmi di tutup setelah digelar selama sembilan hari yang dimulai dari tanggal 2 hingga 10 Mei 2023.

MACCA Batch 2 ditutup secara resmi oleh Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda didampingi Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, Kepala Biro Keuangan Sahabuddin Nanda MM di Lantai 18 Puncak Menara Iqra Unismuh Makassar.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Representatif Panitia Macca Batch 2 sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Bahasa dan Kerjasama Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh  Maharida MPd menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar selama delapan hari on-site dan dilanjutkan secara reguler dalam bentuk kelas online.

Kegiatan yang dilakukan kali ini diikuti sebanyak 22 Mahasiswa Asing dari tiga Universitas  dari dua negara tetangga.

Kegiatan selama 8 hari ini adalah, 2 kegiatan Culture Visit, 28  selapan Sit-In Class, 11 Invited Guest Lecturer , 4 kegiatan Budaya dan Bahasa (Bahasa Indonesia untuk penutur Asing, Tarian Adat Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar), 2 Comunity Development ,1  Networking Activity yang melibatkan BUMN dan DUDI, 1 International Seminar, 3 Benchmarking dan 1 students collaboration.

Maharida juga menambahkan bahwa Seluruh kegiatan ini terselenggara atas Rektor Unismuh Scholarship For International Student Full Time dan Part Time.

“Dokumen pelaporan, dokumentasi dan legal bulan Mei 2023 dirampungkan untuk selanjutnya semua mitra dapat mengklaim kegiatan ini sebagai kegiatan bersama dan tercatat.” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse  yang di wakili Oleh Wakil Rektor I Dr Abd Rakhirm Nanda, mengatakan bahwa Kegiatan yang sama yang telah kita lakukan sebelumnya yakni Macca Batch 1.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini harus berkelanjutan setelah semua peserta kembali ke tempat masing-masing jadi programnya harus setara dengan satu semester.

Dikatakan juga bahwa nantinya akan ada akademik transcript dan record yang akan dikirim ke setiap mahasiswa dan nantinya akan dikonversi yang sesuai dengan kondisi Fakultas dan Universitas masing-masing.

“Nantinya, akan bisa diklaim menjadi aktifitas satu semester atau disebut pertukaran pelajar, dan itu artinya Mahasiswa Unismuh juga akan kembali berkunjung ke Unversiti Malaysia Sabah, Universiti Malaysia Kelantan dan Songkhla Rajabhat University Thailand,” ungkapnya.

Rakhim Nanda juga menyampaikan  rasa hormat selaku Pimpinan Universitas kepada seluruh panitia dan LO yang  selama sepekan ini membersamai.

“Karena ini sudah menjadi program secara kontinyu dan mungkin akan bertambah lagi Universitas yang akan mengikuti kegiatan Batch selanjutnya,” tambahnya.

Ditempat yang sama, salah satu mahasiswa  dari University Malaysia Sabah (UMS) Nur Fathiyyah Atiqah menyampaikan  selama mengikuti kegiatan Macca Batch 2 yang di gelar selama 8 hari, sangat mengapresiasi dan telah menjaga kami dengan baik.

Ia juga menyampaikan  hal yang didaptkan selama program ini, seperti mendapatkan teman-teman baru.

“Kami mendapatkan teman-teman baru  baik itu dari Thailand dan juga dari Indonesia yang membuat jaringan pertemanan baru dan aktifitas yang kami lakukan selama berada di Makassar sangat menyenangkan,” ungkapnya.

Ia juga memberikan pujian terhadap tempat wisata yang telah dikunjunginya.

“Tempat wisata yang di kunjungi adalah Rammang-Rammang dan Leang-Leang, makanan  bagus dan enak,” ujarnya.

Dosen dari Songkhla Rajabhat yakni Asst Prof Narong Khancana sangat terkesan dengan keramahan dan juga suasana akademik Unismuh Makassar ,dan berharap selanjutnya makin banyak kegiatan kolaborasi yang dapat dilakukan.

Leave a Reply