UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Satu lagi alumni Pascasarjana Unismuh Makassar yang mengharumkan nama almamater. Alumni tersebut adalah Kepala SMAN 5 Soppeng, Dra Fatmawati, M.Pd. Dia terdaftar jadi mahasiswa angkatan pertama S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun 2007.

Proses perampungan studi dijalani selama tiga tahun dan meraih gelar akademik magister pendidikan pada 2010.

Kepala SMAN 5 Soppeng, Dra Fatmawati, M.Pd, kepada media, Kamis pagi 11 Mei 2023 mengatakan, proses pembelajaran selama studi S2 di Pascasarjana Unismuh Makassar banyak ilmu yang didapatkan dan kemudian diaplikasikan di tempat kerja.

Ketika masih jadi guru dalam kelas kompetensi pengetahuan dan pemahaman tentang ilmu bahasa dan sastera secara lebih luas ditransper kepada para siswa peserta didik secara baik dan dimengerti para siswa.

Setelah diberi amanah menjadi kepala sekolah, ilmu manajemen dan pengelolaan institusi diperoleh selama studi magister pada ketua jurusan, dekan dan pembimbing tesis yang memberi banyak pengetahuan dan keterampilan dalam mengajar.

Fatmawati masih ingat dosen yang menjadi pembimbing penulisan tesis yakni, Prof Dr H Andi Syukri Syamsuri, M.Hum dan Prof Dr H. Nur Salam, M.Si, saat itu kedua pembimbing tersebut belum mencapai jabatan fungsional Guru Besar.

Fatmawati sebelum diberi amanah menjadi orang nomor satu di SMAN 5 Soppeng, pernah meniti karier jadi guru di salah satu SMP Bone. Kemudian pindah selama 16 tahun jadi guru di SMAN 1 Soppeng.

Fatmawati sebelum diberi amanah menjadi orang nomor satu di SMAN 5 Soppeng, pernah meniti karier jadi guru di salah satu SMP Bone. Kemudian pindah selama 16 tahun jadi guru di SMAN 1 Soppeng.

Prestasi cukup membanggakan telah tercapai pada tahun 2019, sekolah yang dipimpinnya meraih akreditasi tertinggi tingkat SMA Provinsi Sulsel dan meraih juara 1 kepala sekolah berpretasi tingkat Provinsi Sulsel 2019.

Siswa kelas 3 yag telah mengikuti ujian akhir nasional 2023 dinyatakan lulus sebanyak 191 orang dan ada 33 alumni lolos perguruan tinggi lewat jalur undangan. Alumni tersebut menyebar di UNHAS, UNM, Poltek Pangkep dan Poltek Ujung Pandang.

Pengalaman setiap tahun para alumni yang dicetak sekolah sekitar 80 persen memilih lanjut studi pada perguruan tinggi yang ada di Soppeng dan Makassar. Para alumni tersebut bagi yang memilih lanjut studi perguruan tinggi swasta, maka pilihan pertama adalah ke Unismuh Makassar.

***

Leave a Reply