UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi Magister Ilmu Administrasi Publik (MIAP) Program Pascasarjana Unismuh Makassar melaksanakan Kuliah Tamu Internasional dengan mendatangkan pakar dari College of Computer and Information Sciences, Karachi Institute of Economics and Technology (KIET) Pakistan, yaitu Muhammad Younus Gazni sebagai narasumber.

Kuliah tamu Internasional ini diselenggaran Kamis (13/4/2023) bertempat di Lt.5 Ruang Mini Hall Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar.
Demikian dijelaskan Ketua Prodi MIAP Unismuh Makassar, Dr. Fatmawati A. Mappasere, M. Si

Dijelaskan, tema dari kuliah tamu kali ini adalah “Penggunaan NVivo dan Vos Viewer dalam Analisis Kualitatif”.
Kuliah pakar ini merupakan agenda mata kuliah Metode Penelitian Administrasi yang diampu oleh Dr.Fatmawati A. Mappasere, M.Si, dan Dr. Lukman Hakim, M. Si.
Teknik analisis data dalam penelitian telah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Hal tersebut ditunjukkan dengan hadirnya berbagai alat analisis data seperti NVivo dan Vos Viewer.
Menguasai aplikasi atau alat tersebut, mahasiswa dapat lebih mudah dan paham dalam mencari literatur serta menulis artikel untuk diterbitkan pada jurnal bereputasi, katanya.

Akan tetapi, rupanya belum semua mahasiswa memahami cara penggunaannya.

Untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa tentang dua aplikasi tersebut, menjadi tujuan dari kegiatan kuliah tamu ini.
Asdir 1 PPs Unismuh Makassar, Dr. Syamsia, SP, M. Si pada sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Pascasarjana Unismuh Makassar karena menulis artikel kemudian diterbitkan pada jurnal bereputasi, minimal Sinta 2 merupakan prasyarat kelulusan.

Pada akhirnya setelah kuliah tamu ini mahasiswa diharapkan memperoleh tambahan wawasan dan keterampilan baru dalam mengolah data penelitian dan menulis artikel, sehingga menulis artikel tidak dianggap lagi sesuatu hal yang sulit, katanya.

Kegiatan kuliah tamu ini, selain dihadiri oleh para mahasiswa dan dosen dari Prodi MIAP, beberapa perwakilan mahasiswa dan dosen dari Prodi lain di lingkup Program Pascasarjana Unismuh Makassar.

Peserta itu diantaranya; Prodi Pendidikaan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Sosiologi dan Pendidikan Agama juga turut hadir mengikuti kuliah tamu tersebut.

Leave a Reply