UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Pelatihan proses produk halal (PPH) dan juru sembeli halal (juleha) yang berlangsung selama empat hari berakhir, Jumat 14 April 2023.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dimediasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel dengan menggandeng Halal Center Unismuh Makassar.

Diakhir kegiatan pelatihan peserta mempraktekkan cara pemotongan ayam yang benar aman dan sehat sesuai dengan standar Proses Produk Halal (PPH) dan Juru Sembeli Halal (Juleha) di pelataran gedung balai sidang Muktamar Unismuh Makassar.

Selama empat hari kegiatan peserta sangat antusias mengikuti pelatihan terlihat mulai dihari pertama hingga acara penutupan, Jumat, 14 April 2023.

Mereka sangat puas dengan program ini karena langsung mempraktekannya dilapangan dan berharap kegiatan ini juga bisa dilaksanakan di daerah-daerah.

Pelatihan dan pendampingan ini sangat bermanfaat bagi peserta dan mereka berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan di daerah-daerah, ujar peserta.

Ketua Halal Center Unismuh, Dr H Mahmud Nuhung, sangat mengapresiasi semua peserta yang telah berpartisipasi dan semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi masyarakat minimal di wilayahnya masing-masing.

Praktek pemotongan ini dipandu langsung Ketua DPW Juleha Sulsel, drh. Wahyu Suhadji dan Ketua DPD Juleha
kota Makassar. Hadir Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sulsel, Causa Iman Karana, Ketua Halal Center Unismuh, Dr H Mahmud Nuhung dan seluruh tim Halal Center Unismuh Makassar.

Sebelum acara praktek pemotongan ayam secara halal diisi materi Strategi Pengbangan Industri Halal, Prof Gagaring Pagalung.

Guru Besar FE Unhas ini, menjelaskan strategi pengembangan industri halal, yakni diperlukan rantai halal, penguatan keuangan syariah, penguatan UMKM dan penguatan ekonomi digital.

Leave a Reply