UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil mendapatkan juara dua Favorite Poster Essay Presentation di El Bajo Essay Competition yang diadakan oleh Sentosa Foundation.

Kompetisi tersebut diadakan selama dua hari, (Sabtu – Minggu), 18 hingga 19 Maret 2023, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

El Bajo Essay Competition merupakan lomba essay ilmiah tingkat nasional, yang diharapkan mampu menjadi salah satu bagian pendukung perkembangan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di Inonedia.

Adapun tema yang diangkat dari El Bajo Essay Competition yakni “Ide, inovasi dan kreatifitas untuk mewujudkan MDG’s”, dengan sub tema; pertanian, pendidikan, lingkungan, teknologi, pangan, kesehatan, ekonomi, peternakan, hukum, pariwisata, juga sosial budaya.

Tim Mahasiswa Unismuh yang ikut dalam kompetisi essay tersebut yakni diketuai oleh IIn Febriyanti dari prodi Ilmu ekonomi dan Studi Pembangunan, Nur Fakhriyah Umar dari Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara, serta Reski Febriana dari prodi Pedidikan Bahasa Inggris.

Adapun judul essay tim Unismuh Makassar yakni, mengambil sub tema bidag lingkungan, dengan judul “Stysep: Pemanfaatan Sekam Padi sebagai styrofoam ramah Lingkungan di Kota Makasssa”.

Ada sebanyak 265 Karya terkumpul dan diseleksi menjadi 28 finalis.

Salah satu peserta dari Unismuh Nur Fakhriyah, mengatakan bahwa ia merasa sangat bangga atas prestasi yang dicapainya.

“Saya merasa sangat bangga, karena lomba ini merupakan lomba offline pertama saya dan sebelumnya di beberapa kesempatan atau perlombaan yang lain belum menjadi yang terbaik. Dan alhamdulillah kali ini bisa mengharumkan nama Kampus, bisa menambah Ilmu dan juga pengalaman saya,” ujarnya saat dihubingi media, Selasa, 21 Maret 2023.

Ia juga mengatakan bahwa ia dan timnya sudah mempersiapkan beberapa hal sebelum mengikuti lomba.

“Sebelum mengikuti lomba, saya dan tim saya sudah melakukan riset dan juga mencari refrensi buku dan jurnal tentang karya kami. Dan tentunya belajar bersama, memahami materi serta latihan presentasi,” tambahnya.

Selain mendapatkan juara 2 Favorite Poster Essay Presentation, Tim Unimsh juga berhasil meraih penghargaan Bronzer Medali Poster presentation.

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara Unismuh Makassar Dr Nur Wahid, sangat mengapresiasi dan mendukung mahasiswa untuk mengikuti ajang kompetisi dalam meningkatkan prestasi.

“Sebagai Ketua prodi Ilmu Administrasi Negara sangat mengapresiasi seluruh mahasiswa kami untuk meningkatkan prestasi pada even internasional karena memberikan kontribusi yang besar terhadap akreditasi menuju unggul,” ungkapnya.

Dalam lomba essay tersebut, peserta tidak hanya dari mahasiswa, tapi diikuti juga oleh siwa dan kalangan umum mulai dari usia 15 – 27 tahun. Dengan ketentuan hanya dapat diikuti oleh individu atau tim dengan jumlah anggota 2 – 5 orang.

Leave a Reply