UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Tim Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Makasyarakat (PKM), Selasa 28 Februari 2023.

Kegiatan PKM) bertema KIDS Farming sebagai Inisiasi Cinta Pertanian dan Lingkungan merupakan salah satu Program PKM Dosen Program Studi Magister Agribisnis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Kegiatan PKM tersebut dilaksanakan di SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar, yang diketuai oleh Dr Mohammad Natsir SP MP selaku dosen dan sekaligus Ketua Program Studi Magister Agribisnis Unismuh Makassar, dengan beranggotakan Irmawanty SSi., MSi dan Dr Sri Mardiyati SP MP.

Pelaksanaan program PKM ini juga dibantu dan didampingi oleh mahasiswa Program Studi Magister Agribisnis Pascasarjana Unismuh Makassar yakni Rismawati dan Hikma Suci Putri.

Ketua Tim PKM Dr Mohammad Natsir SP MP mengatakan bahwa
Regenerasi petani muda dan karakter peduli terhadap lingkungan membutuhkan proses yang panjang, dan tidak bisa instan.

Perubahan mindset pada anak-anak sejak dini bahwa pertanian dan lingkungan adalah sangat penting untuk memperkuat ketahanan pangan di seluruh penjuru dunia,” ungkapnya.

Sehingga, mampu menjanjikan kesuksesan masa depan dengan bekerja di sektor pertanian. Program Kids Farming merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan anak-anak dengan dunia pertanian dan lingkungan.

“Tanpa disadari anak-anak mulai mengurangi kecanduan memegang gadget. Kids Farming diharapkan juga akan lebih mendukung kesehatan anak didik, karena selain menumbuhkan semangat kebersamaan juga menjadikan gerak tubuh menjadi lebih sehat dan kuat,” katanya.

Dosen Prodi Agribisnis ini menyebutkan bahwa metode pendekatan yang digunakan pada program PKM ini adalah metode fun learning (story telling dan media audio visual) melalui pelatihan dan pendampingan terhadap siswa.

“Para siswa dibekali tentang pengenalan sarana dan prasarana produksi pertanian, pengenalan dan pelatihan budidaya pertanian khususnya tanaman sayuran, pengenalan tentang pelestarian lingkungan hidup khususnya green lifestyle, dan pendampingan dalam praktek berkelompok melakukan budidaya tanaman dalam media persemaian serta polibag/pot,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Perumnas SD Subaedah SPd mengatakan bahwa
mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan dan capaian program PKM ini.

“Para siswa sangat senang, antusias, dan bersemangat dalam menyimak materi pembelajaran maupun dalam pelatihan dan pendampingan praktek budidaya pertanian,” katanya.

(*)

Leave a Reply