UNISMUH.CO.ID GOWA – Sanggar Seni Komunitas Mahasiswa Kreatif Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Pentas Seni dengan beberapa gendre seni yang dipentaskan. 

Pentas seni ini dihelat di Aula SMKN 2 Gowa, Minggu, 26 Februari 2023.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Miladnya yang ke 11 Tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia Pelaksana Tegar Edi menyampaikan bahwa Milad sanggar seni komet FAI Unismuh Makassar mulai dikerjakan kurang lebih dua bulan persiapan baik dari segi dana, latihan, dan hal teknisi lainnya.

“Penampilan yang dipentaskan yakni tari Paduppa, tari mappadendang, tari saman, tari Empat Etnis, Tari Asmaradana, teatrikal puisi, perkusi, akustik, dan teater,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Komet FAI Unismuh Makassar Muhammad Padel, menyampaikan bahwa Milad sanggar seni komet adalah kegiatan yang sangat besar di FAI terlebih di sanggar seni komet itu sendiri.

“Kegiatan kami ini  rutin dilakukan setiap tahun untuk proses pengalaman mahasiswa FAI,” ujar Padel.

Padel juga menekankan bahwa melalui seni kita bisa berdakwah menyampaikan pesan yg mengedukasi masyarakat.

“Di sanggar seni komet kami dibatasi dalam hal gerakan, pakaian dalam berseni. Mengapa tidak, kami mempunyai kultur di fakultas agama Islam untuk tetap menutup aurat dan tidak bersentuhan sesama lawan jenis,” tambahnya.

Padel juga mengatakan bahwa mereka masih menjaga banyak perihal yang membuatnya lebih kreatif

“Kami masih menjaga perihal-perihal yang membuat kami lebih kreatif dalam berseni, kami juga banyak menggunakan sastra dalam penyampaian pelajaran yang mengedukasi,” pungkasnya.

Wakil Dekan III FAI Unismuh Makassar dalam hal ini diwakili dewan penasehat sanggar seni komet FAI, Kasmar Opu Pitang mengatakan bahwa, Sanggar Seni Komet menghimpun dari berbagai jurusan di FAI untuk menampilkan suatu karya kreativitas dari mahasiswa.

“Sangat diapresiasi kegiatan ini bisa berjalan setiap tahun, apa yang kemudian kita lihat bahwasanya FAI background dan keahliannya di mimbar namun dipanggung pentas pun bisa,” tuturnya.

Opu Pitang menuturkan bahwa dengan hadirnya sanggar seni komet FAI itu, mewadahi mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat dalam berseni memperbanyak model dalam mencapai visi terlebih tujuan dari Muhammadiyah itu sendiri.

“Sangat antusias dan menghibur para tamu yg hadir di milad sanggar seni komet FAI unismuh Makassar, kegiatan milad berjalan dengan baik, dan sukses, Komet punya warna yang tak akan pernah pudar, dikarenakan  komet tempat pelangi untuk berteduh,” pungkasnya.

Kegiatan pembukaan milad dihadiri oleh  Ketua BEM FAI Unismuh Makassar, Lembaga se-FAI Unismuh Makassar, Lembaga seni dan beberapa orang tua dari mahasiswa. 

(*)

Leave a Reply