UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Bidang Media dan Jurnalistik Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam (HMJ PAI FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melaksanakan program kerja kunjungan ke salah satu lembaga penyiaran publik yang ada di kota Makassar, Rabu 16 Februari 2023.

Kunjungan yang dilakukan oleh HMJ PAI Unismuh Makassar yakni TVRI Sulawesi Selatan. Tujuan dari kunjungan tersebut ialah meningkatkan pemahaman Mahasiswa mengenai pertelevisian, seperti mengenal alat dan fungsi yang digunakan untuk menayangkan berita.

Mahasiswa bertemu dengan Aswin Afif selaku STAF IT TVRI Sulawesi Selatan sebagai pembicara menyampaikan bahwa mendapatkan informasi mengenai proses peliputan berita, proses pengambilan gambar, serta sejarah TVRI Sulawesi Selatan.

“Kini TVRI dan RRI merupakan lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,” Ujarnya.

Aswin menjelaskan mengapa TVRI selalu dibelakangan meliput berita disaat yang lain berlomba-lomba menyiarkan berita, karena di TVRI sebelum ditayangkan berita tersebut harus di cek kebenarannya lalu di siarkan.

“Selain mendapatkan pelajaran secara langsung dari STAF IT TVRI Sulawesi Selatan, para mahasiswa juga di ajak berkeliling ke beberapa ruangan yakni studio 1, studio 2, ruangan Video Tape Recording (VTR), dan ruangan Master Control Room (MCR) untuk melihat sistem dan peralatan yang di gunakan oleh mereka,” jelasnya.

Sementara itu, Fadhillah Sekretaris HMJ Bidang Media dan Jurnalistik HMJ PAI FAI Unismuh Makassar Media dan Mahasiswa dari HMJ PAI FAI UNISMUH Makassar meminta saran kepada pak Aswin untuk meningkatkan perkembangan bidang Media dan Jurnalistik sebagai bidang baru yang di buat pada periode Berkemajuan 22/23, yakni pengetahuan, peralatan, mengembangan skill editing, dan kemauan.

“Saya berharap kunjungan ini dapat menimbulkan feedback yang baik untuk teman-teman karena kegiatan ini baru dilaksanakan pertama kalinya di HMJ PAI FAI UNISMUH Makassar,” pungkasnya.

Di akhir kunjungan mahasiswa mengadakan sesi foto bersama STAF IT sebagai pembicara dalam kunjungan belajar HMJ PAI FAI UNISMUH Makassar. Kunjungan berlangsung selama 3 jam.

Leave a Reply