UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar Dr Asriati, SE, M.Si berhasil meraih gelar doktor Bidang Ilmu Manajemen di Program Pascasarjana UMI dengan meraih predikat lulus dengan sangat memuaskan.

Asriati adalah merupakan doktor yang ke 480 di Program Pascasarjana UMI Makassar.

Dr Asriati telah berhasil mempertahankan disertasinya pada ujian promosi doktor yang digelar Program Pascasarjana UMI, Kamis, 16 Februari 2023 di lantai 3 Kampus Pascasarjana UMI Makassar.

Asriati mahasiswa S3 Program Program Papscasarjana UMI kelahiran Makassar, 31 Desember 1968 mempertahankan disertasinya yang berjudul, “Pengaruh Brand Equity, Kualitas Layanan dan Komitmen Organisasi Terhadap Loyalitas Kerja dan Kinerja Dosen Universitas Muhammadiyah Provinsi Sulsel”.

Dalam penulisan disertasi didampingi Promotor Prof Dr H Salim Basalamah, SE, M.Si, Ko-Promotor, Prof Dr Hj Niniek F. Lantara, SE, M.Si dan Ko-Promotor, Dr H Zainuddin Rahman, SE, M.Si.

Kemudian dosen penguji internal, Prof Dr Basri Modding, SE, M.Si (Rektor UMI), Prof Dr H Abdul Rahman Mus, SE, M.Si, Prof Syamsu Alam, Prof Dr Junaidi Zakaria, Prof Dr H Abdul Gani,
serta penguji eksternal Prof Dr Muhammad Ali.

Ujian ini dilaksanakan secara daring dan offline. Adapun penguji yang hadir secara daring adalah Dr dr Nasruddin, Prof Ahmad Thalib, dan Prof Salim Basalamah

Dr Asriati istri dari mantan Wakil Dekan I FEB Unismuh, Dr Agus Salim HR atau ibu dari tiga orang anak mengatakan tujuan dari penelitian adalah untuk menguji dan menganalisa apakah brand equity berpengaruh positif dan siqnifikan terhadap loyalitas kerja dosen Unismuh Makassar.

Serta untuk menguji dan menganalisis apakah kualitas layanan berpengaruh positif dan siqnifikan terhadap loyalitas kerja dosen Unismuh.

Dari hasil kesimpulan disertasinya telah disebutkan bahwa, brand equity berpengaruh positif dan tidak siqnifikan terhadap loyalitas kerja.

Hal ini juga bermakna bahwa brand equity tetap memiliki pengaruh terhadap loyalitas namun pengaruhnya belum nyata atau siqnifikan dan jika brand equity meningkat maka loyalitas kerja tidak mengalami perubahan yang siqnifikan.

Kesimpulan lainnya adalah, kualitas layanan berpengaruh positif dan siqnifikan terhadap loyalitas kerja, komitmen organisasi berpengaruh positif dan siqnifikan terhadap loyalitas kerja. Serta brand equity berpengaruh positif dan siqnifikan terhadap kinerja dosen.

Dari hasil disertasi Dr Asriati menyarankan untuk membangun ekuitas merek bukan sekadar dipakai untuk
meningkatkan citra mereka namun yang perlu difokuskan adalah untuk membuat konsumen menjadi loyal terhadap merek tersebut dan juga program peningkatan kualitas layanan menjadi hal yang sangat prioritas.

Hadir dalam ujian promosi Doktor Asriati, adalah Dekan FEB Unismuh Dr Andi Jam’an, para wakil dekan dan ketua prodi serta dosen dan staf Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar serta keluarga dan kerabat.

Leave a Reply