UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi (Prodi) Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih akreditasi unggul.

Ketua Prodi (Kaprodi) Budidaya Perairan Asni Anwar MSi mengungkapkan bahwa capaian yang dicapai merupakan hasil dari kerjasama tim, di Gedung Iqra Lantai 6, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Rabu, 1 Februari 2023.

“Hasil yang berhasil diraih sudah sesuai dengan apa yang kami targetkan diawal,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa proses persiapan untuk akreditasi selalu didampingi dan dipantau oleh pimpinan fakultas yaitu Dekan dan Wakil Dekan I Fakultas Pertanian, serta Lembaga Gugus Kendali Mutu.

Asni mengungkapkan bahwa faktor pendukung untuk bisa meraih akreditasi unggul, didukung oleh kualitas lulusan yang rata-rata bekerja di bidang perikanan, serta kualitas sumber daya manusia (SDM) pengajar yang umumnya berpangkat lektor dan lektor kepala.

“Adanya kolaborasi penelitian, pengabdian kepada masyarakat antara mahasiswa dan dosen berjalan dengan baik yang kemudian diwujudkan dengan publikasi artikel ilmiah nasional dan internasional juga menjadi faktor pendukung untuk akreditasi kali ini,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan beberapa kendala, salah satunya yaitu lambatnya mendapatkan informasi dari alumni.

“Sulitnya mendapatkan informasi dari alumni dengan cepat juga menjadi kendala bagi kami,” tuturnya.

Kaprodi Budidaya Perairan tersebut juga mengungkapkan beberapa pihak yang telah memberikan dukungan pada mereka selama proses akreditasi.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan Universitas, Gugus Kendali Mutu Universitas dan tingkat Fakultas, Pimpinan Fakultas Pertanian, serta semua dosen, alumni, dan para mahasiswa atas dukungannya selama proses akreditasi ini,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan harapannya yaitu semoga prodi Budidaya Perairan bisa mendapatkan akreditasi ISO dan semakin maju mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Leave a Reply