UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Tim Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) Berbasis Digital untuk Guru Sekolah Muhammadiyah.

Kegiatan dihelat di Ruangan Unismuh Bisnis Center (UBC), Lantai 2 Gedung Menara Iqra Unismuh Makassar, Senin 9 Januari 2023. Acara ini dibuka Wakil Rektor IV Unismuh Makassar Drs Mawardi Pewangi MPdI.

Kegiatan ini dibiayai dari Riset Muhammadiyah Batch VI Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV Unismuh Makassar Mawardi Pewangi berharap agar sekolah-sekolah Muhammadiyah bisa mengamalkan pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan, serta mampu mengamalkan tujuan, visi dan misi pendidikan Muhammadiyah.

“Dengan harapan bahwa para siswa yang dicetak nantinya berkarakter Muhammadiyah” tukasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Dr Ferdinan menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya mengundang Labschool Unismuh Makassar, dan beberapa perwakilan sekolah Muhammadiyah.

“Mereka dilatih dan dibimbing berkaitan dengan bahan ajar berbasis digital,”ungkapnya.

Tujuan kegiatan ini, kata Ferdinan, untuk mendorong guru-guru berinovasi untuk pengembangan bahan ajar yang interaktif dan berbasis digital.

“Dengan harapan bahwa guru-guru Muhammadiyah bisa mengelola pembelajaran yang inovatif, kreatif dan terbuka. Bukan sekadar mengajar di dalam kelas, tetapi pembelajaran itu bisa diciptakan di

Selain itu, kata Ferdinan, peserta didik juga menjadi tidak kaku. “Siswa belajar tidak hanya di dalam kelas, tetapi bisa dimana saja dan kapan saja dengan nyaman dan menggembirakan,” pungkasnya.

Setelah pelatihan pengembangan bahan ajar ini, ada rencana tindak lanjut di sekolah masing-masing.

“Kami juga akan melakukan kunjungan ke sekolah yang kami undang, apakah hasil pendampingan yang digelar hari ini bisa berjalan dengan baik, ketika ada problem yang dihadapi, kita akan terus melakukan pendampingan, sehingga apa yang kita harapkan dapat terealisasi,” tukasnya.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan ini yakni Penggunaan Aplikasi Nearpod yang disampaikan oleh Muh Zul Iman MPd, Aplikasi LMS EduMu yang disampaikan oleh Hadisaputra MSi, serta Media Pembelajaran Berbasis Information and Communcation Technology yang dibawakan oleh Dr Ferdinan.

Leave a Reply