UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah berdiri sejak tahun 1990. Tapak Suci kini sudah meraih banyak prestasi baik nasional hingga ke Internasional.

UKM ini merupakan salah satu organisasi yang berada di bawah naungan Muhammadiyah, dan terbentuk cabang 43 Unismuh Makassar. Saat ini Tapak Suci cabang 43 sudah memiliki 990 orang siswa dan 50 kader.

Tapak Suci ini merupakan sebuah seni ilmu beladiri yang menjadi wadah bagi mahasiswa Unismuh Makassar yang gemar berolahraga, juga untuk perlindungan bagi diri sendiri.

Ketua Tapak Suci Unismuh Makassar Umar, mengatakan bahwa UKM ini terdiri dari beberapa bidang. “Tapak Suci Unismuh terdiri dari beberapa bidang-bidang, yakni bidang humas, bidang kewirausahaan, bidang pencak silat dan olahraga, bidang AIK Keislaman dan bidang keorganisasian ,” paparnya.

Umar juga mengatakan bahwa saat ini sedang melakukan perekrutan anggota baru dimulai dari 17 September hingga 17 Oktober 2022. Pendaftaran ini dapat dilakukan di Gedung Iqra Lantai 1, Unismuh Makassar, Jalan Sultan Alauddin.

Prestasi yang didapat UKM ini sudah ada yang mencapai Internasional, salah satunya mengutus 6 atlit pada Kejuaraan Tapak Suci of Brawijaya International Open Java Timur 2012. Pada lomba tersebut atlit Unismuh berhasil meraih 1 emas, sekaligus meraih pesilat terbaik putra.

Unismuh juga pernah mendapatkan medali pada Kejuaraan Nasional Antar Perguruan Tinggi di Universitas Hasanuddin (Unhas) 2012. “Atlit kita mendapatkan 6 medali pada kejuaraan nasional antar Perguruan Tinggi di Unhas dengan meraih 1 perak dan 3 perunggu,” ujarnya.

Tahun 2019 juga tercatat Unismuh Makassar berhasil meloloskan 3 atlit Tapak Suci pada Kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa (POMNAS). Juga meraih 4 medali pada Kejuaraan Wilayah Tapak Suci, dengan merai 1 perak dan 3 perunggu.

“Di tahun yang sama, anggota kami juga berhasil meraih 4 medali pada Kejuaraan Unismuh Championship, dengan membawa 1 Emas, 1 Perak, 2 Perunggu, serta meraih pesilat terbaik putra,” ucap Umar.

Jenis kegiatan dalam UKM Tapak Suci Unismuh Makassar, yaitu latihan rutin seni dan faighter selama 3 kali dalam sepekan, yakni hari Rabu, Jumat, dan Ahad. Latihan ini dilakukan di dalam lingkup civitas akademik Unismuh Makassar.

Adapun tujuan UKM Tapak Suci dipaparkan Umar yaitu, mendidik serta membina ketangkasan dan keterampilan pencak silat sebagai beladiri seni olahraga dan budaya bangsa Indonesia, memelihara dan mengembangkan kemurnian pencak silat Tapak Suci yang sesuai dan tidak menyimpang dari ajaran Islam sebagai budaya bangsa yang luhur dan bermoral.

Ketua Tapak Suci Unismuh Makassar Umar mengungkapkan manfaat memasuki UKM ini. “Bergabung dengan Tapak Suci ini kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan, paling utama itu ialah ilmu bela diri, kita juga mampu menambah relasi yang lebih luas lagi,” pungkas Umar.

Leave a Reply