UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Ikom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjalani kuliah lapangan di Kantor Perpustakaan Wilayah Sulawei Selatan, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Rabu, 23 November 2022.

Kuliah lapangan tersebut merupakan salah satu kegiatan kuliah di luar kampus dari mata kuliah penulisan kreatif, materi pembahasan menulis resensi buku dengan dosen pengampu mata kuliah, Dr Muhammad Yahya.

Dosen Komunikasi Unismuh Makassar, Muhammad Yahya kepada media di Perpustakaan Wilayah Sulsel mengatakan, peserta mata kuliah ini diikuti sebanyak 25 mahasiswa Ikom semester III.

Pilihan berkunjung ke Perpustakaan Wilayah Sulsel, memperkenalkan perpustakaan tersebut sebagai gudang beragam ilmu dan tempat merekam budaya dan peradaban.

“Nanti resensi bukunya ambil di rak buku sesuai dengan bidang program studi, silahkan pilih buku sesuai dengan keinginan,”kata pendiri penerbit buku Fahmis Pustaka ini.

Rombongan 25 jumlah mahasiswa tersebut merasa bahagia akan pengadaan kuliah lapangan tersebut, mereka dapat lebih merasakan berkunjung ke perpustakaan dalam bentuk formal.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar ini diterima langsung oleh salah seorang pustakawan, Megawati.

“Kami bahagia atas kunjungan perpustakaan untuk kuliah lapangan oleh mahasiswa ilmu komunikasi Unismuh ini karena ilmu komunikasi juga relevan dengan ilmu perpustakaan,” tuturnya.

Perpustakaan Wilayah Sulawesi Selatan menyediakan rak khusus koran-koran terbaru, meja dan kursi untuk membaca serta komputer untuk para pengunjung untuk dapat dimanfaatkan.

Megawati juga turut memperlihatkan dan memperkenalkan fasilitas perpustakaan tersebut. “Kami akan menjelaskan atau memperkenalkan fasilitas disini bagi pengunjung baru,” pungkasnya.

Perpustakaan Wilayah Sulsel menyediakan buku-buku dimulai dari SMP sampai Perguruan Tinggi dan buku umum lainnya.

“Untuk buku PAUD dan SD perpustakaannya beda tempat, berada di Jl. Lonto Daeng Pasewang, di perpustakaan SD tersebut diadakan story telling, disana ada panduan dan diceritakan isi dari buku-buku tersebut bagi pengunjung anak PAUD dan SD,” tandas Megawati.

Mengawati mengharap agar kiranya mahasiswa dapat mengajak teman-temannya berkunjung dan memanfaatkan fasilitas yang ada di Perpustakaan Wilayah Provinsi Sulsel.

Salah seorang mahasiswa peserta kuliah lapangan di Perpustakaan Wilayah Sulsel, Safria mengatakan, senang pada kuliah lapangan ini karena perpustakan menyediakan berbagai macam buku-buku yang lengkap, selain itu para stafnya pun sangat ramah kepada setiap pengunjung, “ kata alumni SMKN 2 Enrekang ini.

Penataan buku yang rapi, ruangan yan bersih, ruangan yang nyaman membuat para pengunjung betah untuk membaca maupun mengerjakan tugas kuliahnya di perpustakaan tersebut.

(sari’ul fahmiati fadilah/yahya).*

Leave a Reply