UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menyambut kedatangan Tim Visitasi Penjaminan Mutu Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan, serta Monitoring dan Evaluasi (monev) pelaksanaan PPG dalam jabatan pada Program Studi PPG Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar.

Kegiatan Monev ini digelar di Mini Hall FKIP Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Kamis, 24 November 2022. Tim Monev dari Kemdikbudristek tersebut yakni Prof Agus Setyo Budi dan Didik Biantoro.

Pimpinan Unismuh yang hadir dalam acara tersebut, yakni Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor IV Drs Mawardi Pewangi MPdI, Dekan FKIP Erwin Akib MPdI, serta para Wakil Dekan FKIP Unismuh. Hadir pula beberapa perwakilan mahasiswa PPG FKIP, serta beberapa Guru Pamong.

Dalam kegiatan ini Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse menyambut baik kedatangan Tim Visitasi penjaminan Mutu PPG. Demikian pula juga Dekan FKIP Unismuh Makassar Erwin Akib PhD membeberkan bahwa Unismuh Makassar merupakan salah satu pelaksana PPG Prajabatan dari sekian banyak Perguruan Tinggi di Indonesia.

Erwin Akib mengungkapkan bahwa ada dua bidang studi yang berjalan dalam pelaksanaan tersebut. “Unismuh menjadi salah satu pelaksana dan ada dua bidang studi yang berjalan saat ini yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,” ungkapnya.

Menurut nakhoda FKIP Unismuh ini, tujuan Monev ini untuk mendapatkan masukan-masukan konstruktif dari tim untuk perbaikan, pengembangan, dan pembinaan kita kedepannya supaya PPG itu bisa lebih berkualitas,” tambahnya.

Dekan FKIP Unismuh itu juga berharap bahwa PPG dapat berjalan lancar dan kampus Unismuh Makassar menjadi semakin baik dengan menghasilkan guru-guru yang berkualitas dan dapat bersaing secara Nasional.

“Saya rasa jika ingin menjadi seorang guru yang profesional dan berakhlak mulia, maka wajib mengikuti program PPG ini. Kita sebaiknya jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada,” paparnya.

Sementara itu, Prof Agus Setyo Budi selaku salah satu tim visitasi menyatakan akan memfokuskan penjaminan mutu PPG di Unismuh Makassar. Ia juga ingin menilai apakah PPG Unismuh saat ini sudah terlaksana dengan baik atau belum.

“Saya yakin PPG ini maka Unismuh Makassar bisa mengahasilkan guru yang baik di mata masyarakat,” jelasnya.

Prof Agus juga berharap monev ini bisa berjalan lancar. Ia yakin, PPG Unismuh dapat menghasilkan guru yang baik, sehingga dapat menjadi tujuan dan destinasi bagi masyarakat sekitar.

(Vika Amalia Fathihany)

Leave a Reply