UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni dan Budaya Talas merupakan UKM Seni yang bernaung di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dan telah meraih banyak prestasi.

UKM Talas mulai terbentuk di Unismuh Makassar sejak tahun 1998 yang dimana masih memiliki nama Teater Talas Unismuh Makassar dan pada 29 September 2000 resmi menjadi UKM Seni dan Budaya Talas.

Ketua UKM Seni dan Budaya Talas, Suandi mengungkapkan tim perumus untuk UKM ini yaitu Muhammad Tahir M SPd, Muhammad Zia Ul Haq MTi, Faidhul Adziem MM.

Suandi juga mengungkapkan syarat menjadi anggota UKM Talas yaitu mahasiswa aktif Unismuh Makassar serta sehat jasmani dan rohani.

“Waktu pendaftaran untuk UKM Seni dan Budaya Talas, biasanya dibuka ketika libur semester satu,” terangnya.

Ia menerangkan bahwa proses rekrutmen UKM ini terbagi menjadi dua yaitu proses indoor dan outdoor.

“Proses indoor sendiri ada beberapa materi dasar yang diberikan selama 3 hari dan proses ini kami lakukan di kampus, setelah melalui proses indoor kami akan melakukan kegiatan outdoor,” terangnya.

Suandi menjelaskan bahwa akan ada banyak proses latihan yaitu olah tubuh, olah vokal, olah rasa, kajian, latihan divisi dan penggarapan karya.

Ia juga menambahkan bahwa akan ada banyak manfaat yang bisa diraih dengan mengikuti UKM ini.

“Manfaat memasuki Talas sangat banyak, misalnya saja kita bisa mengembangkan bakat seni, serta belajar banyak tentang kesenian terlebih negara kita sendiri memiliki banyak seni dan kebudayaan,” tuturnya.

“Untuk bisa lulus UKM ini tidak mengacu harus tahu dan punya bakat seni, karena Talas sendiri adalah wadah tempat untuk belajar berkesenian atau mengembangkan bakat seni,” paparnya.

Suandi menjelaskan beberapa kegiatan UKM Seni dan Budaya Talas yaitu diskusi kreatif, nongkrong dewasa, tadarus, pembuatan karya dan pementasan.

Ia juga menerangkan bahwa semenjak berdirinya talas telah memiliki banyak prestasi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, diantaranya mewakili Indonesia di ajang Festival Teater Internasional di Colombo Sri Lanka, duta mahasiswa berprestasi di singapura, dan masih banyak lagi.

“Talas pernah menjadi finalis festival teater anak untuk perdamaian dunia di jerman, juara umum festival tari dan teater mahasiswa tingkat nasional, dan juga pernah mewakili Indonesia di ajang olimpiade teater di India,” tambahnya.

Suandi juga menjelaskan sekretariat UKM Seni dan Budaya Talas terletak di Kompleks Kodam Katangka, Jl Syekh Yusuf, serta memiliki struktural pengurus yaitu ketua, wakil ketua, bendahara, dan 7 divisi.

“Untuk menggali minat dan bakat anggota, ada 7 divisi Talas yaitu divisi teater, divisi tari, divisi musik, divisi sastra, divisi rupa dan desain, divisi foto serta divisi film,” jelasnya.

Ia juga menerangkan bahwa tujuan UKM Seni dan Budaya Talas yaitu melaksanakan catur darma perguruan tinggi, membentuk mahasiswa menjadi insan kreatif yang normatif, mempererat tali persaudaraan antar sesama, serta membentuk kader apresiasif, inspiratif, kritis, dan dinamis yang berwawasan seni dan budaya.

“Suka duka saya selama berorganisasi, bisa meningkatkan relasi, perang pemikiran, banyak kesibukan, belajar mengelola waktu, banyak pengalaman, dan juga berusaha untuk tetap berkomitmen dengan apa yang kita niatkan di awal,” ungkapnya.

Leave a Reply