UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Nasional, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar menggelar Bakti Sosial Kader.

Kegiatan dengan tajuk “Satukan Tekad melalui SAVARI (Sirkumsisi Anak, Pemberian Vitamin dan Rangkul Ibu) dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat yang Sehat dan Sejahtera” ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Aman Lengkese Takalar, Ahad 13 November 2022.

Ketua BEM FKIK Unismuh Muhammad Risqullah Ammar menyampaikan, kegiatan baksos kader ini merupakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dengan serangkaian kegiatan yang terdiri dari khitanan massal, penyuluhan kesehatan mengenai healthy food dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga setempat.

“Ada 4 pilar utama Caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yakni Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan AIK. Baksos yang kita lakukan ini sebagai bentuk implementasi dari pilar pengabdian masyarakat untuk mengamalkan ilmu yang kami miliki,” katanya.

Tak hanya itu, Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini pula upaya edukasi dan memacu masyarakat agar dapat menjalani perilaku pola hidup bersih dan sehat.

“Disamping pula itu, baksos kader ini sebagai wadah silaturahmi sekaligus ruang belajar bagi mahasiswa kedokteran,” tambahnya.

“Alhamdulillah rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan warga yang terlibat sangat antusias. Semoga kami bisa belajar kembali terjun ke masyarakat untuk melaksanakan bakti sosial,” imbuhnya.

Terpisah disampaikan, Wakil Dekan III FKIK Unismuh Makassar dr Asdar SpB mengatakan, adanya baksos ini sebagai bentuk implementasi ilmu kedokteran yang didapatkan mahasiswa di bangku kuliah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada warga dan aparat desa yang telah menerima mahasiswa kami untuk belajar terjun ke masyarakat,” tuturnya.

Senada disampaikan, Sekretaris Desa Lengkese menyambut hangat kegiatan Fakultas Kedokteran Unismuh pihaknya menyampaikan terimakasih tak terhingga.

“Kami sangat berterima kasih, bisa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat desa kami. Semoga kegiatan ini rutin dilakukan agar warga kami paham terkait kesehatan dan bisa menjalin perilaku hidup sehat,” ujarnya.

Diketahui bahwa kegiatan Baksos Kader melibatkan angkatan 2020 Sibson FK Unismuh sebagai panitia penyelenggara, kerjasama TBM FK Unismuh, Pesantren Darul Aman Lengkese, Masyarakat Desa dan berbagai sponsorship yang terlibat.

Leave a Reply