UNISMUH.AC.ID, TORAJA – Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr Nurlina, membawakan Kuliah Umum di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Kabupaten Toraja pada Sabtu, 22 Oktober 2022.

Di hadapan para dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan UKI Toraja, Dr Nurlina membahas Aplikasi STEM (Sains, Teknologi, Matematika, Engineering) dalam Pembelajaran Fisika dan IPA.

Ia menjelaskan bahwa STEM mengaitkan sains dengan desain proses engineering.

“Scientific practice ini menggambarkan tingkah laku ilmuwan saat melakukan investigasi dan membuat model serta teori tentang alam. Sedangkan engineering practice merupakan kunci bagi engineer untuk membuat model dan sistem,” paparnya.

Dr Nurlina melanjutkan, beberapa karakteristik pembelajaran berbasis STEM yakni, adanya integrasi antara sains, teknologi, engineering (mesin) dan matematika dalam satu pokok pembahasan.

Selain itu, model pembelajaran yang diterapkan berbasis proyek sesuai dengan kehidupan nyata dan bersifat konstektual.

“Pembelajaran juga melatih soft skill dan hard skill agar tersedianya SDM dengan kecakapan Abad 21
sesuai tuntutan revolusi industry 4.0,” sambungnya.

Sebagai contoh, Ia memberikan rencana pembelajaran dengan topik penanggulangan pemanasan global (Fisika) dan mendesain alat penjernih air (IPA).

“Ini melalui proses menentukan pertanyaan dasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, monitoring, elaborasi, dan evaluasi,” jelasnya.

Dr Nurlina pun menekankan pentingnya pengaplikasian STEM ini dalam pembelajaran, khususnya IPA dan Fisika.

“STEM ini perlu untuk transformasi pendidikan, menghadapi tantangan teknologi, sebagai kunci kesejahteraan, kemajuan dan inovasi, peningkatan kemahiran scientific serta pengembangan SDM,” tukasnya.

Diketahui Kuliah Umum ini merupakan kerjasama antara UKI Toraja dan Physical Society of Indonesia (PSI).

Beberapa kampus yang dilibatkan yakni, Universitas Hasanuddin, Unismuh Makassar, UIN Alauddin Makassar, Universitas Cokroaminoto, dan STKIP DDI Pinrang.

Selain Nurlina, ada beberapa narasumber lain. Adapun materi dan narasumber lainnya dalam Kuliah Umum ini, yakni Instrumentasi Sensor Berbasis Internet Of Medical Things (Prof Arifin, Ketua PSI), dan Influence of Thermal Annealing to Material Properties of TiO2, ZnO, and TiO 2/ZnO Bilayer Films by Sol-Gel Method (Prof Paulus Lobo Gareso).

Ada pula materi Medan Skala Dalam Kosmologi (Bansawang MSc), Pemanfaatan Open Source dalam Pembelajaran Fisika (Irwan Ramli PhD), Radiasi Matahari (Prof Sri Suryani) dan Pemanfaatan Energi Nuklir (Dr Nurlelah Rauf).


(Humas Unismuh)

Leave a Reply