UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Unismuh Makassar menggelar pembekalan Pemantapan Keterampilan Mengajar (PKM).

Kegiatan pembekalan yang dihadiri 50 orang mahasiswa dan 28 Dosen terdiri dari dosen tutor dan dosen pembimbing ini dilaksanakan di Ruangan Kedokteran Lantai 3 Unismuh Makassar, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Prodi Magister Pendidikan Dasar Unismuh Makassar Dr Mukhlis mengatakan, kegiatan Pemantapan Keterampilan Mengajar (PKM) ini adalah suatu tahapan proses untuk memantapkan kompetensi akademik pendidikan dan bidang studi melalui berbagai bentuk aktivitas di perguruan tinggi.

“Inti kegiatan PKM adalah aktivitas melakukan observasi terkait kegiatan pembelajaran dosen, mengembangkan instrument, dan perangkat pembelajaran serta mengimplementasikan di ruang perkuliahan sebagai bentuk latihan bagi Mahasiswa melalui bimbingan Dosen Tutor dan Dosen Pembimbing,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa setelah mengikuti kegiatan PKM ini mahasiswa diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

“Melalui kegiatan menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran, menelaah pendekatan model strategi dan metode pembelajaran, Menelaah sistem evaluasi, Membantu Dosen/Guru dalam mengembangkan RPP bahan ajar LKPD media pembelajaran dan instrumen penilaian, Menelaah manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran hingga Latihan mengajar dengan Dosen Tutor dan Dosen Pembimbing,” tambahnya.

Terpisah, Direktur Pascasarjana Unismuh Makassar Prof Irwan Akib menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan PKM dosen tutor dan dosen pembimbing dapat mengarahkan mahasiwa menjadi tenang dosen yang profesional.

“Dengan menguasai materi serta dapat menyediakan perangkat pembelajaran yang berbasis IT, sehingga dapat pengalaman selain menjadi guru juga merasakan sebagai tenaga pengajar Dosen,” katanya.

Prof. Irwan Akib juga menyampaikan kepada dosen membandingkan bagaimana rasanya menjadi pengajaran di sekolah dan di kampus. Sehingga dari itu akan lahir ruang motivasi yang baru.

Dalam kegiatan pembekalan PKM turuk hadir Dekan FKIP Unismuh Makassar Erwin Akib PhD. Pihaknya menyampaikan bahwa FKIP senantiasa siap menerima mahasiswa PKM dari Pascasarjana yang berlatarbelakang pendidikan.

Erwin Akib juga menyampaikan bahwa hadirnya S2 Pendidikan di pascasarjana tidak terlepas dari hadirnya S1 di FKIP. “Jadi S2 Pendidikan Pascasarjana merupakan emrio dari S1 Pendidikan,” tambahnya.

Setelah sambutan Dekan FKIP dilanjutkan dengan penyerahan Nama-Nama peserta PKM. Penyerahan tersebut melalui Direktur Pascasarjana yang di dampingi oleh Asdir 1 kepada Dekan FKIP Unismuh Makassar.

Pemateri pembekalan PKM terkait Teknis Pelaksanaan PKM di bawakan oleh Sulfasyah PhD, ada pula materi terkait Perangkat Perkuliahan di S1 PGSD di bawakan oleh Liem Bahri, SPd MPd.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply