UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, kabar duka menyelimuti civitas akademika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Dr Sudir Koadhi tutup usia, Rabu, 21 September 2022, pukul 14.30 di Rumah Sakit Dadi Makassar.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Ia sempat dirawat selama dua hari, karena serangan stroke ringan.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse menyampaikan duka cita. “Insyaallah husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan kita doakan sama-sama,” ungkapnya.

Salah satu koleganya di Fakultas Agama Islam (FAI) Dr Dahlan Lamabawa, menceritakan bahwa meskipun dalam keadaan sakit, pada Rabu pagi, almarhum masih sempat mengikuti Pelatihan PEKERTI di UMI, melalui Zoom.

Informasi dari grup kampus, Wakil Rektor IV Unismuh Makassar Drs KH Mawardi Pewangi MPdI mengumumkan, bahwa Sudir Koadhi akan dimakamkan di Pemakaman Baqi Muhammadiyah Bolangi, Kabupaten Gowa, Kamis siang, 22 September 2022.

“Sebelum diantar ke pemakaman, jenazahnya akan disalati di masjid kampus Unismuh, usai salat Dzuhur,” jelas Mawardi.

Riwayat Hidup

Sudir Koadhi lahir di Kendari 2 Mei 1975. Menamatkan pendidikan dasar hingga SMA di kota kelahirannya. Bangku Pendidikan tinggi diawalinya dengan belajar Bahasa Arab di Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar.

Setelah itu, ia menyelesaikan kuliah S1 di Pendidikan Bahasa dan Arab UIN Alauddin (2009). Sudir juga menyelesaikan Sarjana Islamic Sains di Al-Madinah International University Malaysia (2012).

Jenjang Magister diselesaikannya di Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin (2013). Demikian pula Pendidikan S3 diselesaikan di Prodi Dakwah dan Komunikasi Program Pascasarjana UIN Alauddin.

Sejak 2005 hingga 2016, ia merupakan staf perpustakaan Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar. Karir sebagai dosen juga telah diawalinya sejak 2015 di Unismuh Makassar. Ia sempat menjadi dosen luar biasa di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin (2015-2018).

Sudir Koadhi menjabat Ketua Prodi KPI Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh, sejak Desember 2021, saat Kaprodi sebelumnya Dr KH Abbas Baco Miro diamanahkan menjadi Direktur Pendidikan Ulama Tarjih Unismuh Makassar.

Testimoni Rekan Seperjuangan

Salah seorang rekan seperjuangan Sudir Koadhi di Ma’had Al Birr, Dr Muhammad Ali Bakri, menceritakan kegigigan almarhum.

“Beliau seorang yang gigih berjuang dalam bidang akademik, dengan segala keterbatasan ekonomi namun mampu mencapai tingkat pendidikan tertingginya,” ungkapnya.

Caranya, lanjut Ali Bakri, dengan berusaha mencari beasiswa sejak di Ma’had Al-Birr sebagai mahasiswa sampai berhasil menyelesaikan pendidikan S3 di UIN Alauddin. “Terakhir beliau mendapat besiswa Morascholarship Kemeterian Agama RI tahun 2019,” tambahnya.

Selain aktif di bidang Pendidikan, kata Ali Bakri, Sudir juga aktif berdakwah di Masyarakat. “Beliau pernah mendapat amanah dari AMCF sebagai koordinator dakwah Wilayah Sulawesi, dengan membina kurang lebih 100 da’i Ma’had Al-Birr yang dikirim berdakwah di pelosok dan wilayah-wilayah terpencil,” ungkap Wakil Mudir Ma’had AL-Birr Unismuh Makassar ini.

Leave a Reply