UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Rapat Finalisasi “Internasional Collaboration on Child Friendly Environment” di Aula FT Unismuh Makassar, Jum’at 16 September 2022.

Ketua Panitia Pelaksana, Dr Irnawati Idrus, mengungkapkan bahwa kegiatan yang akan digelar selama beberapa hari ini menggunakan pendekatan ruang ramah anak.

“Pertama ada Workshop bagi 50 orang mahasiswa selama dua hari, yaitu pada 18-19 September 2022. Dalam hal ini, Prodi Arsitektur dan PWK. Seluruh dosen dan Pimpinan Prodi diharapkan ikut terlibat untuk menjadi pendamping,” ungkapnya.

Pada hari ketiga, lanjut Dr Irnawati, akan ada pengabdian masyarakat di Kecamatan Rappocini terkait Lorong Wisata, yang merupakan program strategis Pemerintah Kota Makassar.

“Kita telah melakukan audiensi dengan Walikota Makassar dan disarankan di lorong. Jadi desain konteksnya nanti ada 10 lorong. Kesepuluh lorong ini masuk dalam program strategis Pemkot untuk dijadikan sebagai kawasan wisata dan lorong sehat. Tetapi kita melakukan pendekatan Child Friendly Environment, sesuai dengan topik yang diberikan oleh mitra kolaborasi internasional kita,” jelasnya.

Ia pun menuturkan bahwa ada dua mitra Internasional dari Malaysia, yaitu University Teknologi (UTM) dan University Malaysia Kelantan (UMK).

“Satu kegiatan internasional yang sudah kita lakukan, yakni kolaborasi riset internasional. Ini sejak bulan Agustus dan kita harapkan bisa rampung di bulan Oktober,” sambungnya.

Sementara itu, Dekan FT Unismuh Makassar, Dr Nurnawaty, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting karena sesuai dengan visi misi universitas, fakultas, dan masing masing program studi

“Di antaranya adalah penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kolaborasi intenasional. Hal tersebut sudah mencakup semua aspek,” katanya.

Dr Nurnawaty berharap agar setiap elemen pimpinan FT Unismuh mengikuti kegiatan ini dengan maksimal.

“Harap betul betul mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan nantinya ada pendampingan riset juga yang akan kita lakukan,” pungkasnya.

Diketahui rapat finalisasi ini juga dihadiri Dr Abd Rahman Bahtiar selaku Wakil Dekan IV FT Unismuh Makassar, Muhammad Syafaat S Kuba MT selaku Wakil Dekan 1, Andi Makbul Syamsuri IPM selaku Wakil Dekan II dan Fauzan Hamdi IPM selaku Wakil Dekan III.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply