UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bakal menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 dengan kegiatan Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan. Orientasi tersebut bakal digelar secara hibrid, yakni secara luring dan daring, selama tiga hari, Rabu – Jumat, 7-9 September 2022.

Wakil Rektor IV Unismuh, sekaligus Ketua Panitia Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan Drs KH Mawardi Pewangi MPdI mengungkapkan, bahwa mahasiswa yang hadir secara luring, yakni mahasiswa yang tinggal dalam asrama kampus.

“Dari mahasiswa yang diasramakan, kita akan hadirkan secara offline sekitar 150 orang. 100 orang dari Kedokteran, dan 50 lainnya dari mahasiswa Ma’had Al-Birr dan Pendidikan Ulama Tarjih,” ungkap Mawardi, dalam Rapat Panitia Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan, di Ruang Senat Unismuh, Gedung Iqra Lantai 17, Kampus Unismuh Makassar, Sabtu, 3 September 2022.

Sementara sekitar 3500-an mahasiswa lainnya, bakal mengikuti kegiatan itu secara daring melalui aplikasi Zoom.

Pada hari Rabu, 7 September 2022, Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan akan dipusatkan di tingkat Universitas. Sementara, pada Kamis dan Jumat, bakal digelar di masing-masing fakultas.

Menurut Mawardi, dalam kegiatan ini, mahasiswa akan dibekali dengan materi-materi yang bersifat motivasi dan keterampilan, agar mereka mampu mengarungi kehidupan kampus, sesuai kultur Unismuh sebagai kampus Islami.

“Mahasiswa akan diperkenalkan alur proses akademik dan keuangan serta fungsi tiap lembaga kemahasiswaan yang ada di Unismuh Makassar,” ungkap

Selain itu, lanjut Mawardi, mahasiswa baru juga akan diperkenalkan dengan pola pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) yang dikembangkan di Unismuh.

Sementara untuk kegiatan praktek yang berlangsung di kelas para mahasiswa baru dibimbing cara salat menurut sifat salat nabi dan baca tulis Al Quran.

“Ada juga praktik ibadah sesuai tuntunan Nabi Muhammad saw, serta praktik membaca Alquran,” tambah Wakil Rektor yang membidangi pembinaan AIK di Unismuh ini.

Mawardi berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, mahasiswa baru telah siap mengikuti proses perkuliahan dan menghadapi dinamika kehidupan kampus di Unismuh.

Setelah menyelesaikan prosesi Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan, mahasiswa baru Unismuh bakal dikukuhkan pada Kamis 15 September mendatang.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply