UNISMUH.AC.ID, BANDUNG – Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Ma’ruf berhasil menyandang gelar Doktor dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Gelar tersebut berhasil ia raih setelah mempertahankan disertasi dalam Sidang Promosi Doktor, yang dihelat di Aula Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Gedung JICA Lantai 2 UPI Bandung, Rabu, 24 Agustus 2022.

Dosen Persyarikatan Muhammadiyah ini, mempertahankan disertasi berjudul, “Perkuliahan Fisika Dasar Berbasis Masalah Didukung Multimedia Interaktif dengan Platform Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Kemampuan ICT”.

Tim penguji Ma’ruf yakni Dr Eng Agus Setiawan, Msi, Prof Dr Andi Suhandi Msi, Dr Parsaoran Siahaan MPd, Dr Muslim MPd dan Dr Toto MPd.

Perjalanan Hidup

Ma’ruf lahir di Barru Provinsi Sulawesi Selatan, 29 Desember 1981. Ia merupakan anak Pertama dari pasangan ayah Abdul Hafid dan ibu Murni. Ma’ruf menikah dengan Dr Anita Candra Dewi MPd, mereka dikaruniai dua orang anak, Siti Aila Ulul Azmi Ma’ruf dan Sheilafia Nuraini Putri Ma’ruf.

Ia mengawali pendidikan dasar di SD Negeri Mate’ne Barru. Setelah itu, melanjutkan pendidikan di SMP Negeri Padaelo Barru dan SMAN 1 Barru.

Ma’ruf mengenyam bangku pendidikan tinggi pada tahun 1999, di jurusan pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassar (UNM). Gelar S2 dicapainya dari kampus dan jurusan yang sama, dengan bantuan Beasiswa BPPS dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).

Tahun 2017, ia melanjutkan studi pada jenjang Strata Tiga (Doktor) di UPI pada Prodi Pendidikan IPA FPMIPA. Selama kuliah, Ma’ruf mendapat dukungan Beasiswa BPPDN On Going.

Sebelum menjadi dosen di Unismuh Makassar, Ma’ruf sempat bekerja di bidang Teknologi Informasi pada PT. Tasnim Cyber Indonesia (TCI) pada tahun 2005-2010. Sejak 2010 ia diterima sebagai dosen tetap Persyarikatan di Unismuh Makassar.

Beberapa pekan lalu, ia baru saja dilantik sebagai Ketua Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unismuh Periode 2022-2026. Pada tahun ini pula, Ma’ruf mendapatkan tugas sebagai Pelatih Ahli/Fasilitator Sekolah Penggerak dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Dikti RI dengan sasaran sekolah penggerak di wilayah Sulawesi Selatan.

Selama studi S3, ia juga telah memenangkan Hibah Talenta Indonesia untuk skema Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi oleh Kemendikbud Ristekdikti tahun 2021. Ia telah menulis sejumlah artikel pada jurnal internasional dan nasional bereputasi.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply