UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Suasana kebahagiaan dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia masih menyelimuti civitas akademika Unismuh Makassar. Sebanyak 22 dosen Unismuh dinyatakan lolos sebagai asesor Seleksi Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2022.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pendidikan Profesi Guru, tentang Pengumuman Kelulusan Pelatihan dan Sertifikasi Targeted Selection Interview (TSI) Calon Asesor Seleksi Program PPG 2022, dengan nomor 1878/B2/GT.00.02/2022, tertanggal 18 Agustus 2022.

PPG merupakan Pendidikan yang dilaksanakan setelah menempuh jenjang sarjana bagi mereka yang ingin menjadi seorang guru. PPG sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu PPG dalam jabatan yang diperuntukkan untuk mereka yang sudah menjadi guru dan PPG prajabatan yang diperuntukkan bagi yang belum mengajar.

Pada tahun 2022 ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Ditjen GTK membuka program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan tahun 2022.

Dalam PPG Prajabatan 2022 ini, Kemendikbudristek juga membuka kesempatan untuk calon asesor yang nantinya bertugas dalam penyeleksian peserta PPG Prajabatan 2022.

Salah satu dosen Unismuh Makassar yang lolos dalam seleksi tersebut, Dr. Muhammad Ali Bakri M.Pd menyampaikan kesyukurannya bisa berkontribusi memajukan pendidikan nasional sebagai asesor PPG 2022.

Ali Bakri menyampaikan, setelah dinyatakan lolos secara administrasi, proses seleksi dilanjutkan dengan pelatihan dan Sertifikasi TSI berstandar Internasional yang merupakan lanjutan dari sistem seleksi calon asesor PPG 2022.

“Para calon asesor yang dinyatakan lulus administrasi, dibagi ke dalam beberapa batch dan kelas untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi TSI secara bergantian. Saya sendiri telah mengikuti pelatihan dan Sertifikasi TSi pada Batch 13. Alhamdulillah dinyatakan tersertifikasi dan lulus sebagai asesor PPG 2022,” saat diwawancarai, Selasa, 23 Agustus 2022.

Berikut 22 dosen Unismuh yang dinyatakan lulus sebagai asesor seleksi PPG

  1. Ismail Sangkala, S.Pd., M.Pd.
  2. Ardiana, S.Pd., M.Pd.
  3. Wildhan Burhanuddin, S.Pd., M.Hum
  4. Abd. Rajab, S.Pd., M.Pd.
  5. Dr. Andi Asri Jumiaty, S.Pd., M.Pd
  6. Firman, S.Pd.,M.Pd
  7. Mutmainnah, S. Pd., M. Pd
  8. Dewi Hikmah Marisda, S.Pd., M. Pd
  9. Dr. Sirajuddin, S.Pd., M.Pd.
  10. Dr. Takdirmin, M. Pd.
  11. Mursyid Fikri, S.Pd.I.,M.H
  12. Nur Khadijah Razak, S.Pd., M.Pd.
  13. Herdianty.R, S.Pd., M.Pd.
  14. A Muafiah Nur, S.Pd., M.Pd
  15. Dr, Ilmiah S.Pd.,M.Pd
  16. Dr. Abdul Wahid, S.Pd., M.Pd
  17. Dr. Eka Prabawati Rum, S.Pd., M.Pd
  18. Dr. Muhammad Ali Bakri, S.Sos., M.Pd.
  19. Dr. Ratu Yulianti Natsir, S.Pd.,M.Pd
  20. Ernawati, S. Pd., M. Pd.
  21. Nasrah, S. Si., M. Pd
  22. Sudarsono, S.Pd.,M.Pd.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply