UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Informatika Fakultas Teknik (HMIF-FT) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Musyawarah Wilayah (Musywil) Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (Poermikomnas) Wilayah XI, Sabtu 20 Agustus 2022 di Unismuh Business Centre.

Kegiatan yang dirangkaikan Kuliah Umum ini mengusung tema “Tranformasi Digital Untuk Mewujudkan Makassar Kota Dunia Dengan Inovasi Sombere dan Smart City”.

Narasumber yang dihadirkan, yakni Rukman Pala MAp (Kepala Balai Besar SDM dan Penelitian Kementerian Komunikasi Dan Informatika), Hartawan MH (Kasubnit Tipidter Sat Reskrim Polrestabes Makassar) dan Mahyuddin MAp (Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar).

Nabil Rayhan selaku Ketua HMIF-FT Unismuh Makassar mengungkapkan bahwa Kuliah Umum ini sebagai upaya mengedukasi generasi muda atau milenial yang jumlahnya semakin banyak di Makassar.

“Agar bagaimana mereka memanfaatkan dan berperan dalam kemajuan teknologi yang ada, untuk menciptakan Makassar Kota Dunia,” ungkapnya.

Rukman Pala dalam pemaparannya menjelaskan konsep Metaverse yang saat ini tengah digaungkan di Makassar.

“Manusia akan hadir di Metaverse secara virtual, berjumpa dengan rekan, keluarga dan kerabatnya di sana, bergerak di antara satu dunia ke lainnya. Dengan menggunakan avatar dan digital item lainnya, Metaverse berpeluang besar mentransformasikan praktis hampir setiap industri dan membuka peluang baru yang sangat tidak terbatas,” terangnya.

Selanjutnya, Hartawan menekankan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam menunjang suatu kota tentunya memiliki tantangan tersendiri.

“Salah satunya di bidang keamanan. Dibutuhkan sistem berstandar internasional guna mewujudkan kota yang nyaman dan kondusif untuk semua. Segala sesuatu yang berhubungan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat diperlukan infrastruktur serta inovasi yang efisien dalam penanganannya,” ucapnya.

Terakhir, Mahyuddin yang mewakili Walikota Makassar berharap mahasiswa menjalankan peran pentingnya sebagai inovator terdepan untuk mendorong bangsa ke arah kedaulatan teknologi.

“Mahasiswa Teknik Informatika Unismuh diharapkan dapat mendesain teknologi informasi yang dapat mengisi segmen kebutuhan teknologi implementasi di Kota Makassar. Pemkot

(Rls)

Leave a Reply