UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Hari ini, Jumat 5 Agustus 2022, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali melepas tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam rangka internasionalisasi program.

Mulai Agustus hingga September 2022, tim ini akan melakukan aktivitas pengabdian, kunjungan penjajakan kerjasama dengan Ataneo de Davao University, dan memeriahkan perayaan Kemerdekaan RI ke 77 di KJRI Davao, Filipina.

Adapun tema yang diangkat yakni “Sosialisasi Sistem Sosial Politik dan Budaya Bangsa Pada Diaspora Indonesia di Davao City, Filipina”.

Tim PKM ini turut mendapat dukungan hibah dari Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar.

“Terima kasih LP3M Unismuh atas dukungan pada aksi aksi internasionalisasi yang terus kami lakukan. Semoga membuka jalan pengabdian yang lebih luas bagi persyarikatan dan bangsa,” tutur Dr Ihyani Malik, Dekan FISIP Unismuh Makassar.

Sementara itu, Ahmad Harakan selaku Dosen Pengabdi menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian dirangkaikan dengan kolaborasi internasional dari berbagai PTM.

“Semoga agenda agenda pengabdian ini berkontribusi bagi pengembangan institusi, termasuk memperluas jejaring mitra strategis untuk internasionalisasi program,” jelas Ahmad yang juga sebagai Dosen Pendamping Lapangan pada KKN Internasional UMY, Unismuh, UM Babel, dan STMF Cirebon di Mindanao Selatan Filipina.

Diketahui Tim PKM Unismuh ini terdiri dari Andi Luhur Prianto dan Ahmad Harakan sebagai Dosen Pengabdi, serta 2 orang mahasiswa, yakni Alfira Putri Rengganis (Prodi Ilmu Pemerintahan) dan Muhammad Anas (Prodi Ilmu Administrasi Negara).

(Rls)

Leave a Reply