UNISMUH.AC.ID, YOGYAKARTA – Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof Chairil Anwar menegaskan dukungannya terhadap pendirian Asosiasi Humas PTMA se-Indonesia

Hal itu ia sampaikan saat mendengar aspirasi peserta Workshop Pengembangan Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA).

Prof Chairil secara resmi menutup Workshop tersebut di Ruangan Prambanan, Hotel Cavinton, 2 Juli 2022.

Workshop yang diikuti 55 orang peserta ini berlangsung sejak Kamis, 30 Juni 2022. Kegiatan ini diikuti para Humas PTMA dari Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) hingga Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Papua Barat.

Selama pelatihan, peserta dikenalkan mulai dari pengertian, fungsi, peran, posisi humas di era digital, relasi media dan etika kehumasan. Acara dibuka Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Widodo Muktiyo dan Ketua Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi (APIK) PTMA Himawan Sutanto.

Dalam prosesi penutupan, kesan dan peserta diwakili oleh Kepala Bidang Humas dan Protokol Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Ariadi Nugraha dan perwakilan Universitas Muhamamdiyah Sidoarjo (UMSIDA) Dian Rahma Santoso.

Sementara itu Ketua APIK PTMA Himawan Sutanto dalam laporannya mengungkapkan bahwa peserta cukup puas dengan proses pelaksanaan pelatihan.

“Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Peserta dari 54 bertambah 1 menjadi 55,” ungkap Himawan.

Ia memohon maaf jika ada hal kurang berkenan dalam proses pelaksanaan pelatihan.

Penghargaan untuk Peserta

Dalam penutupan, Panitia memberikan penghargaan kepada beberapa peserta. Peserta terfavorit laki-laki Ade Ismail Ramadhan dari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), peserta tervaforit perempuan diberikan kepada Sinta Maharani dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA).

Penghargaan juga diberikan kepada peserta “terprogress”, yakni Tri Adi Saputra (UM Ponorogo). Sementara peserta teraktif diberikan kepada Asef Dwi Nugroho dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

MC juga mengumumkan bahwa peserta terbaik diberikan kepada “Semua Peserta”. Sontak informasi itu membuat semua peserta memberikan ‘standing applause’.

Pesan Prof Chairil Anwar

Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof Chairil Anwar menegaskan bahwa Humas ujung tombak informasi PTMA.

“Yang menjembatani PTMA dengan masyarakat melalui Humas. Humas sangat penting untuk memberikan citra yang sangat positif bagi kampus,” ungkap Guru Besar Universitas Gajah Mada ini.

Apalagi saat ini menjelang penerimaan mahasiwa baru, Humas memiliki tugas agar masyarakat mendapat informasi yang baik, dan bertugas menyosialisasikan keunggulan kampus masing-masing.

Chairil Anwar mengapresiasi kehadiran peserta dari berbagai PTMA se-Indonesia.

“Terima kasih kepada semua peserta yang telah jauh datang, dari Aceh hingga Papua Barat,”

(Rls)

Leave a Reply