UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Dr Suandi Hamid, M.EC, berharap Akreditasi Perguruan Tinggi (APT ) 2024, Unismuh Makassar bisa mendapatkan Akreditasi A/Unggul.

Unismuh Makassar sebagai perguruan tinggi PTMA terbesar di Bagian Timur Indonesia, Rektor Universitas Widya Mataram (UWM ) Yogyakarta ini menyebut Unismuh Makassar termasuk yang diunggulkan oleh PP Muhammadiyah bisa meraih akreditasi unggul.

Keyakinan Ketua Umum APTISI (Periode 2011 – Januari 2016 ) ini dengan melihat perkembangan dan pertumbuhan Unismuh yang sangat menggembirakan selama ini, salah satunya pada 30 Agustus 2014 tercatat sebagai Perguruan Tinggi Swasta terakreditasi Institusi “B” dengan skor 357.

“Skor 357 saat itu sangat tinggi, belum ada satu PTS diluar pulau Jawa yang mencapai skor setinggi itu, ini sungguh luar biasa pencapaiannya dan inilah yang membuatnya yakin APT 2024 Unismuh bisa meraih unggul,”ujar Prof Edy

Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Edy Suandi Hamid yang didampingi Pelaksana Harian Rektor Unismuh, Dr Ir Abd Rakhim Nanda, mengatakan hal ini dihadapan pejabat struktural tingkat universitas dan fakuktas, prodi dan para ketua-ketua lembaga di ruang senat Universitas di lantai 17 Gedung Iqra Kampus Unismuh, Selasa, 22 Juni 2022.

Sebelum acara ini, Prof Edy Suandi Hamid yang didampingi Pelaksana Harian Rektor Unismuh Dr Ir H Abd Rakhim Nanda, MT, telah memberikan materi “Urgensi Audit Mutu Internal PTMA” di acara pelatihan Auditor Mutu Internal ( AMI ) Unismuh di Aula Fakuktas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh yang juga pesertanya adalah pejabat struktural tingkat fakultas, prodi, tim monev prodi serta tingkat lembaga.

Unismuh sebut Prof Edy Suandi memiliki modal dan posisi yang sangat strategis yakni berada di kota besar dan salah satu provinsi terbesar di KTI baik dari sisi jumlah penduduk dan sarana prasaran sehingga memiliki potensi market yang tinggi. Serta Unismuh juga memiliki kepemimpinan yang berpengalaman.

“Apa yang ingin dicapai yang menentukan bukan orang lain tapi Unismuh sendiri. Karenanya jika Unismuh ingin yang terbaik dapat malakukan usaha yang kuat dan sungguh-sungguh,” ucapnya.

Dikatakan Prof Edy untuk bisa mencapai unggul diperlukan tigal hal, pertama Good University Governance, Kedua, Good Environment and Support dan Ketiga, Good Leadership.

Tentang masa depan Unismuh Makassar sebut Prof Edy perlu dipersiapkan dengan matang dari sekarang. Tidak ada yang mengetahui apakah 25 tahun kedepan Unismuh akan seperti apa yang bisa kita wariskan kepada generasi mendatang, apakah semakin kurus atau semakin berkembang.

Terkait dengan masa depan Unismuh, Prof Edy Suandi Hamid sangat sependapat dengan roadmap Unismuh baik pada tingkat universotas hingga prodi.

Dalam roadmap Unismuh seperti yang disampaikan Pelaksana Harian Rektor Dr Abd Rakhim Nanda, bahwa Unismuh menuju unggul telah dibuat roadmap Unismuh dalam beberapa tahap. Pertama tahun 2020 – 2024 Unismuh menjadi Perguruan Tinggi Bereputasi/Nasional ( Akreditasi Unggul ).

Tahap kedua, 2024 – 2028 Unismuh persiapan menuju bereputasi/ terakreditasi Internasional. Tahap ketiga 2028 – 2032, Unismuh menjadi Perguruan Tinggi terakreditasi Internasional.

Tahap keempat, 2032 – 2036, Unismuh menjadi Research University dan tahap kelima, 2036 – 2040, Unismuh menuju kampus Edupreneur University.

“Dengan kerja serta usaha yang kuat dilakukan Unismuh saat ini, Prof Edy Suandi Hamid, sangat yakin masa depan Unismuh akan tumbuh dan berkembang menjadi perguruan tinggi terbesar tidak hanya terbatas pada Wilayah Kawasan Timur Indonesia tapi Indonesia,”tutup Prof Edy seraya menambahkan untuk bisa maju harus confidence atau percaya diri serta melakukan kerja-kerja yang terukur.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply