UNISMUH, MAKASSAR – Pimpinan Dosen dan Karyawan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FSIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Mengikuti kegiatan Baitul Arqam (BA) Sabtu 21 Mei 2022.

Kegiatan Pembukaan Baitul Arqam FISIP Unismuh Makassar akan berlangsung selama dua hari yang dimulai pada tanggal 21 Mei 2022 dan berakhir pada tanggal 22 Mei 2022, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Wakil Dekan 4 FISIP Unismuh Makassar menyampaikan bahwa peserta BA ini diikuti oleh dosen yayasan dan Dpk. Dosen yayasan di Fakultas Sospol sebanyak 40 orang dan dosen Dpk 14 orang.

“Akan tetapi TDK semua ikut, termasuk WD 1 yang menyelesaikan studinya di Yogya, WD 2 kuliah di Italia dan WD 3 sakit,” ungkapnya.

Lebih Lanjut M Amin Umar menambahkan bahwa BA ini dilaksanakan sebagai salah satu keputusan raket universitas dan standar mutu AIK PTM/PTA.

“Di samping itu agar dosen dan karyawan tetap berprofil Muhammadiyah memahami aturan dan ketentuan dalam Muhammadiyah,” tambahnya.

Dekan FISIP Unismuh Makassar Dr Ihyani Malik MSi menyampaikan terima kasih kepada para dosen dan karyawan atas kesediaan mengikuti Baitul Arqam Disampaikan bahwa sampai H-2 dijapri dosen untuk memastikan kesiapan mengikuti BA ini.

“Mudah-mudahan dosen dan karyawan mengikuti sampai selesai tanpa ada yg pulang, tetapi kita bersama menginap satu malam di kampus ini untuk memperbaiki faham, dan pengamalan agama kita sesuai tuntunan Rasulullah Saw,” ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutannya Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse mengatakan bahwa Baitul Arqam yang dilakukan ini adalah untuk meneguhkan ideologi Muhammadiyah sehingga dengan demikian pengamalan nilai- nilai Islam Kemuhammadiyahan tetap kuat dalam mengawal amal usaha Muhammadiyah.

“Hal ini sesuai tema yg diusung oleh panitia ” teguhkan Ideologi, kuatkan sinergi dalam merawat kampus berkeadaban. Baik dosen maupun karyawan harus aktif di Muhammadiyah, apakah cabang, atau ranting,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nakhoda Unismuh Makassar ini menambahkan bahwa Orang yang beraktifitas di Muhammadiyah insya Allah memiliki aqidah yang kuat, ibadahnya baik dan selalu ikhlas dalam berbuat.

“Begitu juga para dosen di dalam melaksanakan catur dharma perguruan tinggi penuh dengan ketulusan dan keikhlasan. Termasuk bagaimana selalu mengontrol Mahasiswa untuk selesai tepat waktu sehingga perguruan kita memiliki akreditasi yang A atau Unggul,” tandasnya.

Baitul Airqam FISIP Unismuh Makassar yang digelar selama dua hari akan mejaikan materi yang menarik dihari pertama sebanyak empat materi yang akan disajikan diantaranya adalah profil Kader Muhammadiyah yang dibawakan oleh Ustad Drs Samsuriadi P Salenda MA, Tuntunan Ibadah Sesuai Tarjih Muhammadiyah yang disajikan oleh Dr Abbas Baco Miro Lc MAg, materi selanjutnya Hakekat Islam I Peran Tauhid Dalam Kehidupan yang disampaikan oleh DaĆ­ kiyai Ahmad Tawalla, dan Paham Agama dalam Muhammadiyah yang disampaikan oleh Husain Abd Rahman SPd MPdI.

Untuk hari kedua ada tiga Materi yang disajikan yang dmulai dari pukul delapan pagi hingga pukul tiga sore sesuai dengan jadwal yang ada, materi yang akan disajikan diantaranya adalah Khittah Perjuangan (Politik Kenegaraan) Muhammadiyah dan Konsep Darul Ahdi Wa Syahadah yang akan dibawakan oleh Dr Syarifuddin Jurdi SSos MSi, materi kedua adalah PHIWM dalam Mengelola AUM yang akan dibawakan oleh Prof Dr H Irwan Akib MPd, serta materi terakhir menjelang penutupan adalah Menejemen Organisasi dan Akhlak Bermuhammadiyah yang akan dibawakan oleh Dr H Muh Saiful Saleh MSi.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply