MAKASSAR – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Periode 2021-2022 Alfitra Haskar resmi dikukuhkan, Kamis 19 Mei 2022.

Acara pelantikan sekaligus dirangkaikan dengan rapat kerja ini digelar di lantai II Gedung Unismuh Bisnis Centre (UBC).

Turut hadir dalam kegiatan Pelantikan Ketua dan Pengurus BEM T UNismuh Yakni para Wakil Dekan dalam lingkup Fakultas Teknik, Ketua dan Sekretaris GKM Fakultas Teknik, Para Kaprodi dan Sekprodi dalam lingkup Fakultas Teknik, seluruh Dosen dan Karyawan dalam Lingkup Fakultas Teknik, seluruh jajaran Fungsionaris Mahahiswa dalam lingkup Fakultas Teknik, serta Seluruh sivitas akademika Fakultas Teknik Unismuh Makassar.

Ketua BEM FT yang baru Alfitra Haskar adalah mahasiswa Prodi Teknik Informatika angkatan 2018 menggantikan Ketua BEM sebelumnya Andi Mufli Malkan dari angkatan 2017.

Alfitra Haskar mengatakan, proses pelantikan ini merupakan momen bagi pengurus lembaga dimana baru baru saja pengurus melakukan kontrak teologis dan sosiologis.

“Tentu dengan pergantian pengurus kita berharap bahwa lembaga kemahasiswaan mampu beradaptasi dengan zaman serta melahirkan inovasi dengan spirit baru,”tandasnya

Mahasiswa Prodi Teknik Informatika ini mengatakan, hadirnya lembaga kemahasiswaan pada tingkat fakultas ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan potensi dalam diri mahasiswa.

Alfitra juga menambahkan bahwa mahasiswa fakultas teknik itu sendiri berasal dari berbagai etnis dan daerah serta karakter yang berbeda oleh karna itu BEM hadir untuk merangkul agar tidak terjadi perpecahan dalam tubuh Fakultas Teknik demi kemajuan Fakultas itu sendiri.

“Menjadi pengurus lembaga bukanlah hal yang mudah, dimana banyaknya dinamika serta banyaknya elemen yang harus dilayani dengan baik, namun hal ini bukanlah suatu alasan untuk menggugurkan semangat juang bagi seorang petarung,” tambah Alfitra.

Nakhoda Baru BEM FT Unismuh ini mengutip surah Al-Imran, Ayat 104, yang memerintahkan bahwa hendaklah diantara kalian ada segolongan orang yang menyeruh pada kebaikan dan mencegah pada kemungkaran.

“Dengan semangat baru yang dimiliki kedepan dengan visi Catur Dharma akan lahir generasi unggul yang berjiwa patriot,”tutup Alfikar.

Sementara itu Dalam Sambutannya Wakil Dekan III FT Unismuh Makassar Fauzan Hamdi saat membacakan sambutan Dekan Fakultas Teknik Unismuh Makassar Dr Ir Hj Nurnawaty ST MT IPM menyampaikan bahwa Kehadiran lembaga mahasiswa di sebuah institusi perguruan tinggi dimaksudkan sebagai wadah pembinaan dan penyaluran bakat serta melatih jiwa kepemimpinan organisasi bagi mahasisawa.

“Oleh karena itu kehadirannya menjadi cukup penting dan strategis terutama untuk memenuhi maksud tersebut. Namun, perlu disadari bahwa lembaga mahasiswa ini berada di bawah institusi,” ungkapnya.

Lebih Lanjut Ia menjelaskan bahwa yang memiliki visi, misi, tujuan dan ciri khusus sehingga menjadi sebuah kemestian, bahwa lembaga ini harus mengikuti visi, misi, tujuan dan ciri khusus yang telah dirumuskan oleh institusi di mana lembaga tersebut berinduk.

“Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan semua Organisasi Otonom (ORTOM) dalam merumuskan visi, misi, tujuannya juga mengacu kepada visi misi dan tujuan Muhammadiyah sebagai Organisasi induknya,” jelasnya.

“Dengan demikian, lembaga mahasiswa sebagai organisasi binaan dalam AUM dalam merumuskan visi, misi dan tujuannya, tentunya harus pula mengikuti ketentuan organissasi induknya yakni Muhammadiyah yang bertujuan “menjunjung tinggi agama Islama untuk mewujudkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya,” jelasnya.

Ia menuturkan bahwa Selaku pimpinan Fakuktas Teknik, sengaja saya utarakan hal-hal demikian agara mahasiswa dapat menyadari posisinya lebagai pengurus lembaga dalam rangka membangun sinergitas antara lembaga mahasiswa dengan Fakultas dan Prodi.

“Paradigma berfikir berlembaga sudah harus berubah ke arah yang lebih baik dan berpola sinergi untuk saling mendukung kemajuan bersama demi marwah mahasiswa, alumni dan Fakultas yang kita cintai bersama,” tuturnya.

Pria yang mewakili Nakhoda Teknik ini memberi agar ananda sekalian dapat memanfaatkan waktu berorganisasi ini sebagai wadah untuk membangun kedewasaan diri. Biasakan bertindak terencana, terukur dan membawa kepada hal-hal yang bermanfaat bagi masa depan anda.

“Dan jangan lupa bahwa kuliah adalah amanah yang diberikan oleh orang tua kepada anda sekalian, maka jangan sampai amanah itu disia- siakan, jangan sampai kuliah anda gagal, jangan sampai anda keluar dari unismuh tidak membawa ijazah sebagai penanda keberhasilan studi anda. Hal itu bukan hanya mengecewakan orang tua anda, tetapi memalukan anda dan keluarga serta Fakultas Teknik sebagai almamater yang membina anda,” tandasnya.

“Sukses study dan unggul organisasi…!” Ini adalah harapan yang ideal. Namun jika harus memilih salah satunya, anda harus memilih “Sukses Study”.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply