UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Pasca menggelar Workshop Program Kreativitas Mahasiswa untuk dosen dan mahasiswa, Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar membuka Lomba Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang.

Lomba yang memperebutkan piala Dekan FP Unismuh tersebut, dilaksanakan sejak 14 Februari hingga 25 Maret 2022.

Hal itu disampaikan Wakil Dekan III FP UNismuh Muhammad Ikbal SPi MSi, di ruang kerjanya, Gedung Iqra Lantai 6, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Senin 14 Februari 2022.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilombakan yaitu Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K), Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P), Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M), Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC), Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Ipteks (PKM-PI) dan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).

Muhamad Ikbal yang bertindak sebagai penanggungjawab kegiatan, mengatakan bahwa kegiatan lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan tradisi ilmiah serta mendorong semangat literasi mahasiswa.

“Dengan tradisi ilmiah kita berharap, mahasiswa mampu mengembangkan kreativitas dan mengembangkan inovasi berbasis penguasaan sains dan teknologi. Apalagi ke depan, persoalan yang kita hadapi semakin kompleks dan kompetitif,” urai Ikbal.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini merupakan ajang persiapan untuk menyongsong kompetisi PKM 5 Bidang tingkat Universitas.

“Sebagai bentuk penghargaan bagi peserta, kami menyediakan hadiah berupa uang pembinaan, trofi dari masing-masing bidang yang dikompetisikan. Tidak hanya itu, Panitia juga akan menyiapkan sertifikat bagi semua peserta yang terlibat dalam kegiatan perlombaan ini,” tuturnya.

Ikbal berharap, kegiatan tersebut dapat mempersiapkan mahasiswa jauh lebih siap dalam mengikuti berbagai kompetisi nasional yang diperlombakan setiap tahun.

“Semoga mahasiswa fakultas pertanian ada yang lolos untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS),” tukasnya

Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan Tim Reviewer Fakultas Pertanian yaitu Akbar SP MSi, Ir M Daud IPM CEIA, Nadir SP MSi, dan Mutmainah SHut MHut.

Tim Reviewer tersebut, kata Ikbal, yang akan menyeleksi semua proposal peserta yang masuk. Semua bentuk mekanisme penilaian menjadi tanggung jawab tim reviewer.

Dekan FP Unismuh Makassar Dr Andi Khaeriyah menyatakan bahwa pihaknya mendorong program-program kegiatan yang berorientasi pada peningkatan kreativitas dan literasi mahasiswa.

“Selain bermanfaat bagi mahasiswa, juga akan bermanfaat bagi Prodi. Khususnya dalam pengisian prestasi mahasiswa di lembaran LKPS Prodi. Saya berharap, semoga kegiatan ini berlajalan lancar dan sesuai target,” pungkasnya.

Leave a Reply