UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Prof Muhammad Jufri bersilaturahmi dengan Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Silaturahmi digelar di Ruang Rapat Senat Gedung Iqra Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Selasa, 15 Februari 2022.

Prof Muhammad Jufri bersama jajarannya disambut Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, didampingi Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Dr Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor III Dr. Muhammad Tahir, Wakil Rektor IV Drs KH Mawardi Pewangi MPdI.

Dalam pengantarnya, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel mengatakan bahwa pihaknya bersilaturahmi untuk membangun komunikasi dan meminta dukungan Unismuh Makassar agar turut mengambil peran dalam membangun ekosistem pariwisata di Sulsel.

Prof Jufri mengingatkan pentingnya sinergi penta helix (lima jalinan) dalam pembangunan. Penta helix yang dimaksud, adalah pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media.

“Kami dari Dinas Pariwisata tidak bisa berbuat banyak tanpa dukungan yang kuat dari seluruh perguruan tinggi dalam pembangunan pariwisata. Yang kami ingin dorong itu terkait dengan konsep KKN-Tematik desa wisata di sulawesi selatan,” ungkap Guru Besar Universitas Negeri Makassar (UNM) ini.

Dalam waktu dekat, kata Prof Jufri, Dinas Pariwisata dan Unismuh Makassar akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dalam pengembangan Pariwisata.

“Yang paling kami harapkan Unismuh bisa terlibat dalam pengembangan Wisata Halal, religi, dan pengembangan ekonomi kreatif,” ungkap Prof Jufri.

Prof Jufri juga mengungkapkan beberapa istilah yang dikembangkannya di Dinas yang dipimpinnya. Pertama, Gerak Cepat (Gercep). Kedua, Gerak Bersama (Geber), dan Ketiga Gas Pool (Gerakkan Seluruh Potensi secara Online).

(Humas Unismuh)

Leave a Reply