MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Wakil Dekan I Bidang Akademik, Ketua serta Sekretaris Program Studi se Unismuh mengikuti Launching dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian Online LKPS da LED berbasis standar 9 di Gedung Balai Sidang Muktamar Kampus Unismuh, Sabtu, 8 Januari 2022.

Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor I Bidang Akademik Unismuh Makassar, Dr Ir H Abd Rakhim Nanda, Ketua Badan Penjaminan Mutu, Dr Burhanuddin, M. Si dan Sekretaris BPM, Amrullah Mansida, ST, MT, I.P.M.

Wakil Rektor I, Rakhim Nanda, mengatakan Unismuh Makassar saat ini dalam upaya menuju unggul. Oleh karena itu proses pengembangan pendidikan dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Muhammadiyah tidak boleh stagnan.

Pendidikan harus terus berkembang dari pendekatan monodisipliner, kependekatan interdisipliner lalu kependekatan transdisipliner.

Dikatakan Rakhim Nanda, Unismuh dalam menuju unggul maka dibeberapa prodi perlu dilakukan pendekatan pendidikan secara interdisipliner. Rakhim Nanda mengakui banyak mahasiswa Unismuh terutama dari Ma’had Al-Birr dimasyarakat diakui hebat tetapi ketika diminta menyiapkan metode pembelajaran dia tidak bisa.

Terkait dengan pendidikan interdisipliner, misal mahasiswa Ma’had Al- Birr mesti mengambil lagi matakuliah ilmu teknologi pendidikan, begitu pula mahasiswa pertanian dan juga teknik harus memiliki pengetahuan non pertanian atau non teknik

“Mahasiswa dengan program MBKM dituntut tidak saja hanya bisa menguasai bidamg ilmu yang digelutinya tetapi juga dalam kemampuan pribadi dapat pula menguasai bidang ilmu lain dan ini harus segera di dorong.

Sebenarnya, kata Rakhim Nanda, dalam periode pembenahan sistem yang terintegrasi ini agar pengambil kebijakan dalam hal ini pimpinan sewaktu-waktu bisa langsung mengetahui kondisi terkini Unismuh Makassar dan ini juga membantu pimpinan dalam mengambil sebuah keputusan.

Sementara itu Ketua BPM Unismuh, Dr Burhanuddin dalam penjelasannya mengatakan, bimtek pengisian online LKPS dan LED berbasis 9 kriteria akrditasi adalah kegiatan yang sangat urgen untuk masa depan prodi maupun institusi.

Dikatakan bimtek pengisian online LKPS dan LED oleh NPM Unismuh sudah menjadwalkan dua bulan lalu, namun karena keterbatasan Sumber Daya Manusia yang ada maka baru kali oni bisa dilaksanakan.

Ada tiga Instrumen program studi yang akan dibangun, yakni instrumen akreditasi versi 4.0, instrumen audit mutu internal secara online dan instrumen monitoring dan evaluasi secara online.

Kegiatan ini sangat membantu prodi dalam pengiaian borang akreditasi secara online. Diharapkan pula setelah bimtek pengisian online LKPS dan LED tidak lagi kesulitan dalam pengisian borang secara online.

Dan bagi yang tergabung di LAMKes, Lamemba dan LAM Teknik terkait pengisian LKPS dan LED harus menyesuaikan dengan instrumen masing- masing dan untuk mencapai unggul parameternya harus bisa melampaui standar internasional.

Leave a Reply