MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Kementerian Pendidikan Kebudayan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) merilis nama ke-20 Video Penelitian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Perguruan Tinggi Swasta Terbaik dengan jumlah ‘like’ terbanyak di YouTube, pada Kamis (3o/12/2021).

Dalam rilis tersebut, video yang diunggah Unismuh Makassar menempati urutan ke-8 nasional. Video itu berjudul “Model Pembekalan Program Pembelajaran Kolaboratif Pada Implementasi Kurikulum Kerja Sama MBKM Berorientasi Penelitian dan Pengabdian”.

Sekretaris Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Unismuh Arif Muhsin mengatakan dari 4000 lebih Perguruan Tinggi se-Indonesia, hanya 110 memperoleh dana hibah Litbang Kemendikbud dan Unismuh diurutan ke 50 dari daftar perguruan tinggi yang memperoleh hibah tersebut. Unismuh memeroleh dana 1,3 miliar dari dana hibah tersebut.

“Dari 110 PT tersebut, 93 PT mengunggah video di youtube. Alhamdulillah dari 93 yang mengunggah, Unismuh mendapatkan posisi ke 8, dengan 1100 jumlah like.”

Dana hibah itu disebar dalam 13 kegiatan terbagi atas 7 kegiatan penelitian dan 6 pengabdian masyarakat melibatkan 92 dosen dengan perincian 72 dosen di kegiatan penelitian dan 20 di kegiatan pengabdian.

Hibah ini merupakan bantuan pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa dari Ditjen Diktiristek Tahun Anggaran 2021.

Leave a Reply