MAKASSAR. Berita merebaknya virus corona hingga ke Indonesia kini menjadi perbincangan hangat. Masyarakat Indonesia, termasuk warga Makassar turut resah.

Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran (FK) Unismuh Makassar dr. Irwan Ashari menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran Corona Virus.

“Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan seperti menjaga kebersihan diri, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker bila batuk dan flu dan mengonsumsi gizi seimbang (konsumsi sayur dan buah).”, jelas Irwan kepada media pada Rabu (4/3/2020).

“Selain itu, kebersihan lingkungan perlu tetap dijaga, banyak minum air putih, olahraga dan istirahat yang cukup, serta melatih tangan anda untuk tidak sering menyentuh wajah (hidung dan mulut) merupakan tips agar terhindar dari virus corona.” Tambahnya.

Owner Klinik Parakita Makassar ini mengajak pula masyarakat untuk mampu mengenali gejala virus corona seperti demam, batuk flu, sesak nafas. Jika ada yang mengalami gejala demikian, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Dengan demikian, Wakil Ketua Bidang Kesehatan Pemuda Muhammadiyah Makassar ini mengimbau kepada masyarakat tetap tenang dan tidak perlu panik.

“Panik dan stres yang berlebihan justru berpotensi membuat daya tahan tubuh kita menjadi lemah, dan mudah terserang virus, termasuk virus Corona.” tutupnya.

Irwan berharap agar warga kota Makassar senantiasa dilindungi dari segala macam musibah diantaranya virus corona ini. (Imad/Ila)

By admin

Leave a Reply