UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Dr Ambo Asse memimpin Rapat Senat dalam rangka pengukuhan Prof Dr Abd Rahman Rahim M.Hum sebagai Guru Besar dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pengukuhan ini merupakan pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa dalam pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pengukuhan digelar dalam Rapat Senat Unismuh Makassar yang dihelat di Balai Sidang Unismuh, Selasa, 23 Mei 2023.

Acara ini dihadiri Kepala LL DIKTI Wilayah IX Dr Andi Lukman, sivitas akademika Unismuh, keluarga Abd Rahman Rahim dan tamu undangan.

Riwayat Hidup

Sebelum prosesi pengukuhan, riwayat hidup Abd Rahman Rahim dibacakan Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rahim Nanda.

Abd Rahman Rahim lahir di Sinjai pada tanggal 27 September 1965. Ia menikah dengan Andi Syamsidar, SKM (Pegawai Dinas Kesehatan Kab. Gowa) dan dianugerahi 5 orang anak. Kelimanya, yakni Andi Muh. Yusril Ihza Mahendra (Ilmu Peternakan Unhas), Andi Muh. Fadlan Abdillah, (Psikologi Pendidikan UNM), Andi Firqatunnajiah Tenribatari (Teknik Informatika Unismuh), Andi Muh. Farhan Kamil Abdalah (MAN Insan Cendikia Sulsel), dan Andi Muh. Fiqri Abrizam Murtaza (SMP IT Al Qalam Gowa).

Abd Rahman Rahim telah meniti perjalanan pendidikan yang panjang dan berhasil meraih gelar sarjana (S1) dalam bidang Bahasa Indonesia dari IKIP Ujung Pandang pada tahun 1989. Selanjutnya melanjutkan pendidikan magister (S2) di Universitas Hasanuddin dan meraih gelar doktor (S3) dalam bidang Linguistik dari universitas yang sama pada tahun 2006.

Sejak tahun 1992 hingga sekarang, Abd Rahman Rahim terangkat sebagai dosen DPK yang ditempatkan di Unismuh Makassar. Selain sebagai dosen, ia juga pernah menjadi guru di sekolah dan mengajar di beberapa kampus lainnya.

Keahliannya dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Indonesia, terbukti melalui berbagai penelitian yang telah dilakukan olehnya. Ia telah mendapatkan belasan penelitian hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), maupun penelitian hibah internal Unismuh Makassar.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh Abd Rahman Rahim antara lain pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Unismuh Makassar, integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Pajukukan Bantaeng, serta pengaruh perbendaharaan kosakata dan penguasaan kalimat terhadap keterampilan berbicara siswa SMP Unismuh Makassar.

Selain penelitian, Prof. Dr. Abd Rahman Rahim juga aktif sebagai pembicara dalam puluhan seminar nasional dan internasional. Kontribusinya dalam dunia penulisan juga sangat berarti dengan puluhan jurnal nasional dan internasional yang telah ditulisnya. Beberapa judul jurnal yang telah diterbitkan antara lain “Melejitkan Potensi Menulis Siswa Melalui Media Folklore Briliant” dan “Inovasi Pembelajaran Pantun Berbasis Kearifan Lokal Naturalistic”.

Jurnal internasional yang pernah ditulis Abd Rahman Rahim, antara lain Curriculum Development in College: Research and Development Study of Electronic Subjects for Indonesian Subjects at Muhammadiyah University of Makassar, Development Illustrated Dictionary with Local Culture to Support Cultural Literation on Elementary School RIGEO, dan Neurolinguistics and Its Influence on Language Teaching in Children Dialogos.

Tak hanya itu, Prof. Dr. Abd Rahman Rahim juga memiliki pengalaman dalam menulis buku. Beberapa buku yang telah ia tulis antara lain “Meretas Semantik Mengkaji Pragmatik” dan “Inovasi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar”.

Selain berkontribusi dalam bidang akademik, Prof. Dr. Abd Rahman Rahim juga aktif dalam organisasi dan asosiasi profesi dan ilmiah. Beliau menjadi Wakil Ketua Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Sulsel, anggota Asosiasi Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI), anggota Asosiasi Dosen Republik Indonesia, serta beberapa organisasi profesi lainnya.

Dalam pidato pengukuhan Guru Besar yang bertajuk “Permainan Bunyi Bahasa dalam Kajian Antroponimi (Studi Kasus pada Masyarakat di Kabupaten Sinjai)”, Prof Abd Rahman Rahim menyampaikan pentingnya memahami peranan dan fungsi antroponimi dalam masyarakat. Antroponimi merujuk pada nama-nama orang atau nama pribadi yang digunakan dalam suatu budaya atau komunitas.

Abd Rahman Rahim menjelaskan bahwa kajian antroponimi menjadi penting karena nama-nama pribadi tidak hanya memiliki makna atau arti semantik, tetapi juga mempengaruhi budaya dan identitas suatu masyarakat. Melalui studi kasus pada masyarakat di Kabupaten Sinjai, ia meneliti dan menganalisis permainan bunyi bahasa yang terdapat dalam antroponimi.

Dalam penelitiannya, Prof. Dr. Abd Rahman Rahim menemukan berbagai pola bunyi yang sering digunakan dalam pembentukan nama-nama pribadi di Kabupaten Sinjai. Penemuan ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kekayaan budaya dan keunikan masyarakat Sinjai dalam memberi nama kepada individu.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Abd Rahman Rahim juga mengungkapkan terima kasihnya kepada Universitas Muhammadiyah Makassar atas dukungan dan kesempatan yang diberikan dalam pengembangan penelitian dan karir akademiknya. Ia berharap penelitiannya dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan ilmu linguistik dan pendidikan bahasa di Indonesia.

Pengukuhan Prof Abd Rahman Rahim sebagai Guru Besar dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unismuh Makassar menegaskan keunggulan dan komitmen universitas dalam menghasilkan peneliti dan akademisi yang berkualitas. Diharapkan, prestasi dan kontribusi Abd Rahman Rahim dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia.

Leave a Reply