UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) menggelar rapat senat yang bersejarah pada hari Selasa, 23 Mei 2023, di Balai Sidang Muktamar 47 Unismuh Makassar. Rapat senat tersebut mengukuhkan Prof. Dr. Abd Rahman Rahim M.Hum sebagai Guru Besar dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Prosesi pengukuhan yang dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas, dosen, dan tamu undangan ini dipimpin oleh Rektor Unismuh, Prof. Ambo Asse.

Abd Rahman Rahim ditetapkan sebagai Guru Besar ditetapkan melalui SK Mendikbudristek nomor 19617/M/07/2023. SK tersebut dibacakan Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri sebelum prosesi pengukuhan.

Prosesi pengukuhan ditandai dengan pengalungan selempang dari Ketua Dewan Guru Besar Unismuh Prof Irwan Akib. Pengukuhan Abd Rahman Rahim sebagai Guru Besar merupakan pengakuan terhadap dedikasi, kompetensi, dan kontribusinya yang luar biasa dalam pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Target 20 Guru Besar

Dalam sambutan pengukuhan ini, Rektor Unismuh Prof. Ambo Asse memberikan ucapan selamat sekaligus mengapresiasi kegigihan Rahman Rahim dalam mengurus jabatan fungsional menuju guru besar.

Ia juga kembali mengingatkan para dosen agar memerhatikan jabatan fungsional. “Kalau mau jadi Rektor, atau Dekan, itu butuh kesepakatan banyak orang. Tapi jabatan fungsional harus diurus sendiri,” ujarnya.

Saat ini, kata Ambo Asse, menyebut Unismuh memiliki 15 orang guru besar aktif. “Saya menargetkan hingga akhir periode jabatan saya, minimal ada 20 orang guru besar,” harapnya.

Apalagi berdasarkan informasi Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Kemdikbudristek baru saja menerbitkan SK Guru Besar salah seorang dosen Unismuh. “Baru-baru ini rapat senat juga sudah menyetujui pengajuan satu berkas GB, selain itu masih ada dua berkas lainnya yang saat ini masih dalam proses pemeriksaan tim kepangkatan internal,” ungkap Ambo Asse.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Dr Andi Lukman dalam sambutannya, menyebut bahwa SK Abd Rahman Rahim merupakan salah satu dari 38 SK Guru Besar yang keluar pada masa kepemimpinannya.

Bertambahnya Guru Besar di Unismuh, membuat Andi Lukman mendorong Unismuh segera membuka S3 Pendidikan Bahasa Indonesia. Selain itu, ia berharap agar kehadiran guru besar tidak hanya dirasakan manfaatnya bagi sivitas akademika Unismuh, melainkan bagi masyarakat luas.

Penyerahan SK Magister Pendidikan Matematika

Dalam acara ini, selain menyerahkan SK Guru Besar Abd Rahman Rahim, Kepala LLDIKTI IX juga menyerahkan SK Izin Pembukaan Prodi Magister Pendidikan Matematika Unismuh Makassar.

Izin tersebut termaktub dalam SK Kemdikbudristek Nomor 361/E/O/2023 yang ditandatangani Dirjen Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemdikbudristek Prof Nizam di Jakarta, 2 Mei 2023

Pengukuhan Guru Besar dan penyerahan SK Izin Pembukaan Program Studi S2 Pendidikan Matematika ini menunjukkan komitmen Unismuh dalam menghadirkan tenaga pendidik dan peneliti yang berkualitas.

Dengan adanya Guru Besar yang memiliki kompetensi dan pengalaman yang luas seperti Prof Abd Rahman Rahim, Unismuh dapat terus berada di garis depan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan memberikan pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswa.

Acara pengukuhan Guru Besar dan penyerahan SK Izin Pembukaan Program Studi S2 Pendidikan Matematika Unismuh ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dan harapan yang baik dari pimpinan universitas, dosen, dan tamu undangan.

Semua pihak berharap agar Unismuh terus menjadi lembaga pendidikan yang berprestasi dan berkontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Leave a Reply