UNISMUH.AC.ID, GOWA – Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bekerja sama dengan masyarakat Desa Taeng menggelar seminar bertajuk “Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Pengabdian Demi Mewujudkan Kampus dan Masyarakat Kolaboratif”, di Kantor Desa Taeng, Kamis, 18 Oktober 2024.

Seminar ini menghadirkan Sekretaris Desa Taeng, Muhammad Kasim, S.E. Daeng Beta, dan Koordinator Kecamatan Pallangga, Agus Maulana, sebagai narasumber.

Muhammad Kasim mengapresiasi peran mahasiswa KKP FISIP Unismuh yang terlibat aktif dalam pengembangan desa. Ia menekankan pentingnya adaptasi teknologi bagi masyarakat.
“Dengan memanfaatkan teknologi, kita dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan desa,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa inovasi harus tetap berlandaskan nilai agama dan moral. “Pembangunan harus mengedepankan spiritualitas agar memberi manfaat berkelanjutan,” tambahnya.

Agus Maulana, Koordinator Kecamatan Pallangga, mengingatkan pentingnya kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat sebagai wujud nyata pengabdian.

“Mahasiswa FISIP harus menjadi agen perubahan dengan langsung berinteraksi dan berkontribusi di lapangan,” jelasnya. “Kolaborasi seperti ini memperkuat hubungan antara akademisi dan masyarakat dalam membangun desa, ” lanjutnya.

Koordinator Desa KKP, Adnan Dwi Putra, bersama timnya yang terdiri dari Taufiqul Aqsa, Siti Dwi Hamdalah Suarga, Rifatul Mahmuda, Lisda, dan Sri Kandri Muchtar. Bersama-sama mengajak warga untuk melestarikan budaya dan menguatkan nilai-nilai keagamaan di desa.

Adnan menegaskan bahwa mahasiswa KKP tidak hanya membawa inovasi, tetapi juga berperan sebagai penjaga tradisi dan kearifan lokal.

Seminar ini tidak hanya menjadi ruang diskusi, tetapi juga refleksi bersama untuk menyusun langkah konkret bagi pembangunan Taeng. Kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang harmonis, di mana teknologi dan tradisi berjalan seiring.

Dengan dukungan mahasiswa KKP FISIP Unismuh, Taeng berpotensi menjadi desa percontohan yang memadukan inovasi dan kearifan lokal. Sinergi ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga memperkuat identitas budaya dan moral komunitas.

Melalui kerja sama yang solid antara mahasiswa dan warga, Taeng siap menginspirasi desa-desa lain untuk mengembangkan potensi lokal berlandaskan nilai-nilai luhur.

Leave a Reply