UNISMUH.AC.ID, JAKARTA – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr Abd Rakhim Nanda, menghadiri penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa, 24 September 2024. Acara tersebut diinisiasi oleh Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penandatanganan PKS tersebut melibatkan sejumlah perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang ditunjuk sebagai penyelenggara PPG. Dalam acara ini, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Prof Nunuk Suryani, memberikan paparan kebijakan tata kelola guru di Indonesia, yang menjadi dasar pelaksanaan PPG 2024.

“Alhamdulillah, kerja sama ini menunjukkan bahwa Unismuh selama ini mampu menjaga kepercayaan dari Pemerintah dalam mencetak guru profesional,,” ujar Rakhim Nanda seusai acara.

Ketua Prodi PPG Unismuh Dr Andi Paida, yang turut mendampingi Rektor, menyebut bahwa tahun ini Unismuh mendapat kuota
untuk PPG dalam Jabatan (Guru Tertentu) Kategori 1 sebanyak 1.247 orang, dan Piloting 1.888 orang. Sementara PPG Prajabatan gelombang 2 sebanyak 36 orang.

“Program PPG ini sangat penting dalam meningkatkan kapasitas calon guru. Melalui program ini, para peserta dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menjadi guru yang profesional,” katanya.

Dengan berlangsungnya penandatanganan PKS ini, diharapkan pelaksanaan PPG 2024 dapat berjalan lancar dan menghasilkan guru-guru yang kompeten, serta mampu menghadapi tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks.

Leave a Reply