UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Ta’aruf Mahasiswa Baru Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tahun ini mengusung tema tentang spirit perjuangan Palestina. Tema itu merepresentasikan solidaritas kemanusiaan, secara khusus persaudaraan sesama muslim.

Rencananya, Ta’aruf Mahasiswa Baru Ma’had Al-Birr itu akan berlangsung di Masjid Subulussalam Al-Khoory Unismuh Makassar, pada Selasa, 10 September 2024.

Ketua Panitia Ta’aruf Maba Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar, Muzakkir menyebut tema itu sebagai cara memetik hikmah dari perjuangan kaum muslim di Palestina. Karena itu, Ma’had Al-Birr harus menunjukkan sikap keberpihakan terhadap Palestina.

Sementara, Wakil Direktur Ma’had Al-Birr, Muhammad Ali Bakri menjelaskan bahwa nama Palestina disebutkan berulang kali di dalam Al-Qur’an. Karena itu, Allah menjadikan tanah Palestina sebagai wilayah yang dipenuhi berkah. Maka Palestina tidak pantas diduduki penjajah.

“Karena itu, sebagai bentuk kepedulian, sesuai dengan yang kita bisa, kami menghimbau kepada seluruh mahasiswa baru untuk menunjukkan kepedulian kepada saudara-saudara kita di Palestina dengan menyiapkan donasi terbaik,” kata dia usai rapat persiapan Ta’aruf Mahasiswa Baru di Aula Ma’had Al-Birr, Sabtu (7/9).

Selain donasi, Ali Bakri juga mengaku akan menyeragamkan pemakaian syal Palestina sebagai simbol perlawanan terhadap zionis.

Ta’aruf Maba Ma’had Al-Birr itu juga bakal dirangkaikan dengan penandatanganan MoU kerja sama internasional antara Al Arabiyah Lil Jami (Arabic for All) Riyadh Arab Saudi dengan Unismuh Makassar.

Penandatanganan MoU kerjasama ini dilakukan atas kepercayaan dari Foundation Al Arabiyah Lil Jami atas kesuksesan penyelenggaraan Daurah Internasional pada tanggal 4-8 Agustus 2024 di Ma’had Al-Birr.

“MoU ini akan memberikan peluang emas bagi Dosen dan Mahasiswa Ma’had Al-Birr untuk memperoleh kesempatan mengikuti program belajar online dari pengajar native speaker dari al Arabiyah lil jami’, pertukaran mahasiswa dan dosen, pelaksanaan daurah pengajaran bahasa Arab serta kerja sama dalam penyelenggaraan Test of Arabic as a Foreign Language (TOAFL),” ujar Kabid Akademik, Ansar di tempat yang sama.

MoU ini menandai komitmen Idarah Ma’had Al-Birr dalam mewujudkan Unismuh “Integrated, Green, Islamic, Futuristic” sebagai tagline Unismuh Makassar.

“Insyaallah melalui kolaborasi dan komitmen yang kuat kita optimis Unismuh Makassar akan semakin maju dan mampu bersaing di kancah global dengan mengamalkan nilai-nilai Islami yang kuat,” tambah Ansar.

Ta’aruf itu juga akan mengundang pimpinan Universitas, Fakultas, Dosen dan Karyawan Ma’had Al-Birr. Selain itu, panitia penyelenggara juga akan menghadirkan sebanyak 409 Mahasiswa Baru dari tiga Program Studi terintegrasi dengan Fakultas Agama Islam yaitu Prodi Ahwal Syakhshiyah, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Menurut Wakil Direktur Ma’had Al-Birr bahwa Ta’aruf itu akan dilaksanakan pada Selasa (10/9) yang menghadirkan Rektor Unismuh Makassar Abd. Rakhim Nanda.

“Tentu kehadiran bapak Rektor pada acara ta’aruf maba ini akan memberikan makna dan nilai tersendiri bagi Idarah Ma’had dan mahasiswa baru karena bapak rektor adalah alumni program I’dad Lughawi dari Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar pada tahun 1999,” kata Ansar.

“Besar harapan Idarah Ma’had kepada bapak Rektor bisa hadir langsung dan memberikan motivasi kepada mahasiswa baru terkait kiat-kiat menjadi mahasiswa Ma’had yang berakhlak mulia, berprestasi, kreatif, inovatif, unggul dan berdaya saing global,” imbuh dia.

Agenda lain dari kegiatan Ta’aruf Maba Ma’had Al-Birr adalah pemberian penghargaan kepada Dosen dan Karyawan terbaik dalam bentuk piagam penghargaan dan tabungan emas 5 gram untuk masing-masing dosen dan karyawan berprestasi dan berkinerja excellent. Penghargaan ini diberikan atas integritas, komitmen, dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam pencapaian visi dan misi Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar.

Sementara itu, Kabid Kemahasiswaan, Mukhtazim Billah menyampaikan bahwa dalam Ta’aruf Maba nanti akan dirangkaikan dengan pemberian penghargaan bagi Mahasiswa dan Mahasiswi berprestasi dari setiap jenjang pendidikan. Penghargaan tersebut dalam bentuk sertifikat pendampingan Ijazah (SPI) dan uang tunai atas dedikasinya telah belajar sungguh-sungguh dan disiplin dalam mencapai prestasi dan nilai IPK tertinggi pada tahun ini.

Seluruh mahasiswa yang berprestasi tersebut akan ditampilkan di hadapan mahasiswa baru sebagai bentuk motivasi agar bisa menjadi teladan dan contoh buat adik-adiknya.

Idarah Ma’had juga akan memberikan beasiswa asrama kepada 6 orang pengurus asrama putra dan putri, yaitu ketua, sekretaris dan bendahara asrama senilai Rp 6.000.000 per tahun, sehingga total beasiswa asrama yang diberikan sebesar Rp 36.000.000.

Keenam pengurus Asrama tersebut merupakan mahasiswa binaan asrama terbaik yang mampu menyelesaikan program pembinaan asrama selama satu tahun dengan torehan prestasi akademik maupun prestasi non akademik.

Kabid Asrama dan AIK, Zainal Abidin juga juga menyampaikan apresiasi lainnya berupa pemberian beasiswa pendidikan dan asrama juga akan diberikan kepada Arini atas dedikasi almarhum ayahnya Syamsuddin Abd Kadir yang pernah menjadi bagian pimpinan di Ma’had selama hidupnya.

Agenda Ta’aruf lainnya adalah akan dilaunching Program “Kader Al-Birr Berkemajuan”. Program ini bertujuan untuk memberikan pembinaan yang merata dan berkelanjutan kepada mahasiswa non-asrama sebagaimana program pembinaan yang telah berjalan selama ini bagi mahasiswa yang berasrama.

Program itu dikemas dalam bentuk mentoring dengan penguatan materi keterampilan percakapan bahasa Arab, tahsin dan tahfidz serta penanaman nilai-nilai AIK. Rencananya, kegiatannya akan berlangsung selama satu tahun dimana setiap 10 orang mahasiswa baru dikelompokkan oleh satu orang Instruktur.

Program ini dirancang sebagai bagian dari kegiatan akademik yang akan menunjang hasil belajar mahasiswa di kelas sebagaimana yang telah dilakukan bagi mahasiswa Ma’had yang berasrama.

Leave a Reply