UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Sebanyak 12 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Kehutanan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil lolos untuk mengikuti Program Magang Studi Independent dan Bersertifikat (MSIB) Batch VII. Program ini merupakan hasil kerja sama dengan Direktorat Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) dan dikenal dengan sebutan “Jalan Mapan” atau Jelajah Hutan Masa Depan Perhutanan Sosial.

Program MSIB Batch VII kali ini berhasil menyerap sekitar 450 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Keikutsertaan Prodi Kehutanan Unismuh, yang telah meraih akreditasi Unggul, membuktikan komitmen mereka melalui pendampingan intensif kepada mahasiswa. Hal ini terbukti dengan keberhasilan meloloskan 12 mahasiswa dalam program bergengsi ini.

Para peserta magang akan ditempatkan di berbagai provinsi di Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan. Program Magang Bersertifikat ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerja sebagai intern di organisasi mitra, terlibat dalam proyek nyata yang memberikan nilai strategis bagi industri. Mitra dalam program ini bertindak sebagai penyedia magang berkualitas tinggi sesuai dengan kriteria dan syarat dari Kemendikbudristek.

Selain itu, Program Studi Independen menawarkan pembelajaran non-gelar yang diselenggarakan oleh organisasi mitra, seperti kursus singkat, bootcamp, dan massive open online course (MOOC). Program ini diakhiri dengan studi kasus untuk memastikan kompetensi mahasiswa telah tercapai.

Ketua Prodi Kehutanan Unismuh Dr. Ir. Hikmah Basalamah, menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa yang telah lolos seleksi untuk mengikuti program MSIB. “Program ini sangat penting bagi mahasiswa Kehutanan, terutama dalam meningkatkan soft skill, pengetahuan, dan pengalaman di dunia kerja,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa Prodi Kehutanan Unismuh, yang telah meraih akreditasi Unggul, akan terus berkomitmen dan mendorong keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan produktif. Keikutsertaan dalam program MSIB ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi mahasiswa Kehutanan untuk terlibat dalam berbagai aktivitas produktif lainnya, sebagai bagian dari upaya Prodi untuk mengembangkan proses akademik yang lebih berkualitas.

Ini merupakan pencapaian luar biasa bagi Prodi Kehutanan Unismuh, yang terus berkolaborasi dalam mengembangkan proses akademik produktif selama beberapa tahun terakhir.

Berikut nama mahasiswa Prodi Kehutanan Faperta Unismuh yang telah lolos seleksi MSIB berdasarkan penempatan lokasi magang:

  1. Rifaldy Hartono (Provinsi Kalimantan Selatan),
  2. Nurhayani M. (Provinsi Kalimantan Selatan)
  3. Susanti (Provinsi Kalimantan Selatan)
  4. Nur Aulia Reski (Provinsi Kalimantan Selatan)
  5. Kurnianti (Provinsi Kalimantan Selatan)
  6. Syahrul Basri (Provinsi Sulawesi Tenggara)
  7. Ardi Aryansyah (Provinsi Sulawesi Tenggara)
  8. Iman Satria Ersyaputra (Provinsi Sulawesi Tenggara)
  9. Ainun Azkiya (Provinsi Sulawesi Tenggara)
  10. Avia Zulfia Musahidah (Provinsi Sulawesi Selatan)
  11. Ardianto (Provinsi Nusa Tenggara Barat)
  12. Khusnul Khatimah (Provinsi Nusa Tenggara Barat)

Leave a Reply