UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Pendidikan Trilogi Jilid IX (Pentri IX) Pimpinan Komisariat (PIKOM) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unismuh Makassar resmi dibuka pada Selasa, 13 Agustus 2024. Acara ini berlangsung di Aula Mini, lantai 8 Menara Iqra, FEB Unismuh Makassar dengan tema “Bergerak Militan Merespon Realitas.”

Kegiatan ini merupakan bagian dari realisasi program kerja PIKOM IMM periode 2023-2024, yang didukung penuh oleh Pimpinan Cabang IMM Kota Makassar. Dukungan diberikan dalam berbagai bentuk, termasuk penyediaan pemateri, instruktur, dan berbagai support kegiatan lainnya.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Dekan FEB Unismuh Makassar, Dr. H. Andi Jam’an, SE., M.Si., Wakil Dekan III FEB, Abdul Muttalib, serta Ketua Pimpinan Cabang IMM Kota Makassar yang baru, Nasruddin, S.Ak. Turut hadir pula Ketua PIKOM FEB Ismail beserta jajarannya, serta sejumlah undangan dari lembaga kemahasiswaan internal FEB.

Dalam sambutannya, Ketua PC IMM Kota Makassar menyampaikan bahwa Pendidikan Trilogi bagi IMM merupakan upaya penting dalam menanamkan nilai-nilai trilogi dan tri kompetensi pada setiap kader. “Setelah mengikuti kegiatan ini, anggota IMM diharapkan menjadi ‘Rekatan’ yang mampu merawat dan menanamkan nilai-nilai tersebut,” ujar Nasruddin.

Ia menekankan pentingnya peran kader IMM dalam setiap momentum peradaban bangsa. Seperti yang disampaikan oleh Pramula (2016), kader IMM harus mengambil peran penting dalam setiap momentum sejarah peradaban bangsa, tampil di garda terdepan mengisi pembangunan, bukan hanya sekadar menjadi pengekor, penonton, atau penikmat sejarah.

Sementara itu, Dekan FEB Unismuh Makassar, Dr. H. Andi Jam’an, dalam sambutannya menyatakan bahwa peran IMM sangat vital dalam mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk terus berkreasi dan meningkatkan kualitas ilmu mereka. “Ini adalah pondasi penting untuk menghadapi tantangan masa depan mereka dan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, para mahasiswa harus memiliki disiplin dan kedalaman ilmu serta keterampilan yang memadai,” ungkapnya.

Trilogi IMM, yang terdiri dari tiga komponen utama—Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Kemanusiaan—menjadi dasar gerakan IMM. Trilogi ini bertujuan untuk membentuk kader IMM yang religius, intelektual, dan humanis, dengan menekankan keseimbangan antara ritual dan amal, pengembangan intelektual, serta nilai-nilai kemanusiaan.

Ketua PIKOM IMM FEB, Ismail, dalam sambutannya menambahkan bahwa Pendidikan Trilogi ini bertujuan memberikan penyegaran kepada mahasiswa peserta agar mereka dapat mengenal lebih jauh jati diri mereka dalam pengamalan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Leave a Reply