UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menerima izin pembukaan Prodi Magister Sumber Daya Air (Pengairan). Izin tersebut resmi dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Keputusan Menteri Nomor 451/E/O/2024.

Dalam surat keputusan yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi atas nama Menteri Pendidikan, Prof. Abdul Haris, disebutkan bahwa usulan pembukaan Prodi S2 Teknik Sumber Daya Air (Pengairan) di Unismuh Makassar diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah yang telah memenuhi persyaratan minimum akreditasi.

SK tersebut dikirimkan Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri, Sabtu, 10 Agustus 2024, melalui Grup Whats App Unismuh Makassar.

“Alhamdulillah, selamat dan sukses atas terbitnya SK Pembukaan Prodi Magister S2 Teknik Sumber Daya Air Unismuh Makassar. Semoga semakin mencerahkan semestesta, amin yaa Rabbal Alamin,” ungkap Andi Sukri.

Sementara itu, Ketua Tim Pendirian Prodi S2 Teknik Pengairan Unismuh, Dr Amrullah Mansida, ST MT IPM Asean Eng, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk mewujudkan pendirian prodi ini.

“Ini adalah hasil kerja keras dan kolaborasi seluruh civitas akademika Unismuh Makassar. Dengan hadirnya Prodi S2 Teknik Pengairan, kami berharap Unismuh dapat semakin berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul di bidang teknik pengairan,” ujarnya.

Apresiasi juga disampaikan Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse. Ia menyambut baik pencapaian ini sebagai kado menjelang akhir masa jabatannya sebagai rektor. “Alhamdulillah, terbitnya izin Prodi Teknik Pengairan ini menjadi capaian istimewa di penghujung masa jabatan saya. Ini menunjukkan komitmen segenap sivitas akademika Unismuh untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.

Diketahui, pelantikan rektor baru Unismuh bakal dihelat pada Selasa, 13 Agustus 2024, di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar.

Di bawah kepemimpinan Prof Ambo Asse, Unismuh Makassar telah mendirikan berbagai program studi baru, di antaranya Prodi Hukum Bisnis, S2 Pendidikan Matematika, S2 Pendidikan Sosiologi, S3 Ilmu Pendidikan, S3 Agribisnis, dan S2 Teknik Pengairan.

Hingga saat ini, Unismuh telah memiliki 54 program studi yang meliputi jenjang D3, S1, S2, S3, dan Pendidikan Profesi.

Dengan bertambahnya prodi baru ini, Unismuh Makassar semakin memperkuat posisinya sebagai perguruan tinggi yang unggul dan terus meningkatkan daya saing.

Leave a Reply