UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Sebanyak 34 mahasiswa Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) dilepas untuk mengikuti kegiatan Studi Banding Manajemen Pengelolaan Asrama ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Pelepasan ini berlangsung pada 30 Juli 2024, dan kegiatan studi banding akan dilaksanakan hingga 6 Agustus 2024.

Para mahasiswa yang berasal dari tiga program studi, yakni Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Bahasa Arab, dan Komunikasi Penyiaran Islam, akan belajar mengenai manajemen pengelolaan asrama di Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan (PERSADA) UAD dan UMY. Ketua rombongan, Zainal Abidin, SH, MH., menyatakan bahwa tujuan utama studi banding ini adalah untuk belajar dan mendapatkan wawasan baru, bukan sekadar berwisata.

“Sesi studi banding akan berlangsung pada 2 Agustus 2024, yang dirangkaikan dengan tour observatorium, tour museum Muhammadiyah, dan kunjungan ke Masjid Islamic Centre UAD,” jelas Zainal Abidin.

Setelah sesi belajar, rombongan akan mengunjungi beberapa ikon wisata utama Yogyakarta, seperti Malioboro, Taman Pintar, Candi Prambanan, dan Tebing Breksi. Mereka juga akan mengunjungi Masjid Syech Zayed di Solo. Pada 4 Agustus 2024, rombongan akan beranjak ke Surabaya untuk bersilaturahim dan mempresentasikan program PUPM kepada Ma’had Umar bin Khattab di Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Wakil Ketua ASLAMA PTMA (Asosiasi Pengelola Asrama Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah), Dr. Ali Bakri, M.Pd., mengapresiasi kegiatan ini. “Studi banding ini diharapkan memberikan wawasan baru tentang pengelolaan asrama yang dapat menjadi contoh untuk mengembangkan Asrama Ma’had Al-Birr serta asrama-asrama Muhammadiyah lainnya,” ujarnya.

KH. Lukman Abd Shamad, Lc., M.Pd., Mudir Ma’had Al-Birr, yang melepas rombongan secara resmi, berpesan bahwa perjalanan ini adalah latihan kesabaran dan kesempatan untuk belajar. “Saya berharap ini adalah awal yang baik untuk kedepannya mengadakan studi banding dengan lingkup yang lebih besar hingga tingkat internasional,” kata beliau.

Dengan kegiatan ini, diharapkan mahasiswa Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar dapat membawa pulang ilmu dan pengalaman berharga yang akan berguna dalam pengembangan asrama di kampus mereka.

Leave a Reply